Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Believe It or Not: Damai dalam Perbedaan

Diperbarui: 5 Mei 2017   19:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.



Snowy terluka dan Frank sahabat nya sejak kecil,merawatnya dengan jalan menjilat jilat lukanya./foto dok,pribadi

Contoh Nyata Hidup Damai Dalam Perbedaan

Dalam banyak hal,kita sebagai manusia yang seharusnya lebih banyak mengajarkan kepada makluk hidup lainnya, yang menurut kodrat ciptaan ,berada jauh dibawa kodrat kita sebagai makluk ciptaan Tuhan yang konon paling mulia di alam semesta ini,seperti hewan hewan peliharaan kita.

Mengajar dan mendidik mereka,agar bila lonceng di bunyikan ,berarti waktu makan sudah tiba dan mereka sudah harus datang ke piring makanan yang disediakan .Mengajarkan kepada mereka untuk tidak sembarangan membuang kotoran,tapi harus ketempat khusus yang telah disediakan.Serta mendidik mereka untuk bisa hidup rukun dan damai dan tidak saling berebut ketika makan bersama.Siapapun yang nakal ,akan dikurung dan tidak boleh ikut makan lagi. Karena sejak kecil sudah dididik untuk hidup rukun dan damai,maka hingga dewasa,mereka tidak pernah bertengkar.

anjing-4-590c6a4743afbd18268b4568.jpg

Kalau dulu ketika kecil,semua makan dari satu piring besar,kini masing masing dikasih tempat makan sendiri sendiri. Dan mereka sudah tahu,bahwa bilamana jatah makanannya sudah habis dimakan,tidak boleh makan dari piring lainnya.

Karena tidak mungkin dapat menjaga dan memelihara 9 ekor anak anak anjing ini,maka dibagi bagikan kepada teman teman. Hanya disisakan satu ekor,yang bernama Frank dan seekor Kucing Persia,yang bernama Snowy, yang sejak kecil sudah hidup bersama sama

anjing-2-590c6a87ba22bd36088b4569.jpg

Ketika Snowy Terluka,Frank Yang Merawatnya

Kemarin, Snowy entah karena berkelahi dengan kucing lainya, pulang dengan tengkuk yang berdarah. Begitu masuk kedalam rumah,Frank sudah menyongsongnya dan langsung menjilat jilat lukanya. Menyaksikan kejadian ini,seperti kisah dalam dongeng saja. Frank tampak sangat sedih,temannya Snowy terluka. Siang itu ia tidak menyentuh makanannya seperti biasanya ,karena sibuk menjaga Snowy, Kami bawa ke dokter hewan untuk disuntik,karena kuatir lukanya infeksi.

anjing-590c6ab6d89373690b8b456f.jpg

Ada rasa haru menyaksikan ,betapa Frank ,memiliki jiwa yang berbelas kasih. Padahal menurut kisah orang tua dulu,kucing dan anjing adalah musuh bebuyutan turun temurun.Tapi dihadapan kami,Frank membuktikan,bahwa bangsa mereka juga memiliki nilai nilai luhur,yakni hidup rukun dan damai,walaupun total berbeda. Yang satu adalah anjing turunan Hasky dari Rusia dan satu lagi adalah kucing ,yang nenek moyangnya dari Persia.

Menyaksikan betapa kedua makluk yang berbeda asal muasal ini,hidup saling mengasihi, serasa tidak percaya akan apa yang terjadi didepan mata.Ternyata,bukan hanya kita manusia,yang mampu hidup saling mengasihi,tetapi mereka sudah membuktikan,bahwa kendati kasta keduanya ,jauh dibawah kodrat kita sebagai manusia,ternyata mampu menerapkan hidup rukun dan damai dalam perbedaan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline