Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Kita Tidak Mungkin Dapat Menyenangkan Hati Semua Orang

Diperbarui: 4 Mei 2017   17:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bersama sahabat di Banda Aceh,Kami berbeda dalam banyak hal,tapi tidak menjadi halangan menjalin persahabatan,/foto dok,pribadi


Bagaimanapun upaya kita untuk mawas diri, agar selalu bertutur kata dengan santun dan menjaga sikap kita dalam berinteraksi dalam kehidupan bermasyarakat, tetap saja ada orang yang tidak senang pada kita. Dan mustahil kita dapat memaksa orang untuk menyenangi atau menyukai kita. Karena apa yang menurut kita sudah baik,belum tentu bagi orang lain,dirasakan baik juga. Hal ini jangan sampai merusakan suasana hati kita,karena di dunia ini,tak seorangpun ,betapapun baiknya,yang dapat menyenangkan hati semua orang.

Ketika ada teman kita yang sukses atau mendapatkan penghargaan,tentu saja kita akan ikut merasa senang dan boleh jadi kita juga ikut bangga,karena teman kita merupakan salah seorang yang mendapatkan  penghargaan. Tetapi bilamana kita yang berhasil mencapai sebuah kesuksesan ,belum tentu semua orang yang mengenal kita,akan ikut merasa senang

Bila hal ini terjadi,kita tidak perlu merisaukannya.karena memang begitulah hidup ini.Mungkin banyak orang yang menyenangi kita dan merasa senang bergaul dan berinteraksi ,tapi kita tidak mungkin dapat memaksa orang untuk menyenangi kita.

Yang Perlu Dilakukan

Berusahalah untuk selalu berpikiran positif terhadap orang yang tidak menyukai kita.Mungkin saja kondisi kesehatannya sedang terganggu .Atau mungkin saja ,sedang  mengalami masalah yang menyakitkannya,sehingga perasaannya menjadi tawar terhadap siapapun.

Atau boleh jadi,selama ini ia sudah berusaha mati matian dengan kerja keras siang dan malam,namun kehidupannya tak kunjung berubah menjadi baik,Sehingga secara tanpa sadar,terbitlah rasa iri hati dalam dirinya.  Sehingga setiap kali menengok tetangga beli tv baru atau mobil,mendadak sontak,rasa irinya meluap luap.

Menengok suami istri berjalan bergandengan tangan dengan mesra,sudah cukup untuk menyebabkan hatinya terluka,karena kehidupan rumah tangganya yang morat marit.

Jangan Dimusuhi

Orang tipe seperti ini,jangan dimusuhi.Karena sesungghnya mereka membutuhkan uluran tangan kita untuk membangunkannya dari mimpi mimpi buruk kehidupan.Orang orang tipe seperti ini,lebih patut dikasihani dan ditolong,ketimbang dijadikan musuh.

Mereka sesungguhnya mengalami kegoncangan jiwa.Walaupun tidak dapat dikategorikan sebagai orang tidak waras,tetapi gangguan kejiwaannya,terkadang menjurus kearah itu. Ketika kita membel motor atau mobil,mungkin bagi orang yang sedang mengalami distorsi kejiwaan,merupakan suatu hal yang melukai perasaannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline