Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Miliki Sikap Gamang? Jangan Jadi Pengusaha!

Diperbarui: 28 Maret 2017   20:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto ilustrasi : berani hadapi tantangan/dokpribadi

Miliki Sikap Penggamang? Jangan Jadi Pengusaha!

Setiap orang berhak untuk memilih jalan hidup masing masing.Dan tak seorangpun berhak untuk melakukan intervensi untuk apa yang akan dilakukan seseorang untuk menentukan langkah ,memilih jalan hidupnya. Tapi tidak ada salahnya kita menerima banyak masukan,untuk dijadikan bahan pertimbangan,sebelum mengambil keputusan. Karena setiap keputusan yang diambil,tak akan pernah terlepas dari konsekuensi logisnya.

Bagi tipe orang yang tidak suka akan kejutan kejutan dan tidak mau hidupnya dalam kondisi mengambang, serta merasa baru dapat hidup tenang,bilamana ada kepastian,maka pilihan yang tepat adalah menjadi karyawan. Walaupun sesungguhnya tidak ada yang pasti dalam hidup ini,kecuali ,lahir dan mati.

Karena tidak ada yang dapat menjamin,bahwa seumur hidup kita akan tetap dapat bekerja di kantor dimana kita sudah belasan tahun berkarya.Tidak ada yang dapat memastikan  bahwa tidak akan ada orang yang dapat menggantikan posisi kita,karena merasa diri sudah sangat berpengalaman. Hidup mengajarkan kepada kita,bahwa terkadang dapat saja terjadi hal hal yang tidak terjamah oleh  nalar dan cara berpikir kita.Tetapi setidaknya ,dengan menjadi seorang karyawan,sudah pasti setiap bulan akan ada gaji atau upah yang akan diterima.Besar atau kecilnya ,tentu tergantung pada kemampuan diri kita dan posisi kita di Perusahaan tempat kita bekerja.

Sebagai seorang Karyawan, selesai jam kerja ,sudah bebas dan dapat menikmati sisa waktu bersama keluarga.Tanpa harus -perlu memikirkan tentang nasib mundur majunya perusahaan dan tidak akan terlimbas akibat turun naiknya nilai tukar dolar.

Seorang karyawan ,sudah dapat membuat rencana ,sesuai dengan besarnya gaji yang akan diterimanya setiap bulan.Bahkan bila gajinya cukup memadai,dapat membeli rumah dengan sistim kredit.

Tipe Manusia yang Senang Tantangan

Kalau kita merasa termasuk manusia yang senang akan tantangan dan perubahan ,maka jadilah Pengusaha. Karena menjadi Pengusaha,berarti siap hidup dalam  ketidak pastian,serta siap menghadapi berbagai kejutan.Boleh jadi kejutan yang menggembirakan,tapi tidak tertutup kemungkinan kejutan yang menakutkan.

Menjadi Pengusaha,sesungguhnya adalah menjadi seorang "Petualang" dalam berbagai cara dan jalan untuk membangun ,serta memajukan usaha,untuk meraih kesuksesan. Dan seperti biasanya, kesuksesan selalu dibayangi oleh kegagalan dan kegagalan.

Ada Kalanya Hujan Emas

Kalau di analogikan,menjadi Pengusaha ,terkadang ada musim "hujan emas" . Misalnya,stock kopi dan  cassia dan rempah rempah sedang sarat saratnyad ada didalam gudang penyimpanan barang . Dan perusahaan kita sudah menutup kontrak dalam jumlah besar dengan Pembeli diluar negeri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline