Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Papua Bukan Hanya Koteka dan Raja Ampat

Diperbarui: 21 Desember 2016   10:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto: tjiptadinata effendi

Sebagai satu dari antara 250 warga Indonesia, saya sungguh sangat bersyukur,bahwa kami berdua ,diberikan kesempatan oleh Sang Maha Pencipta,untuk mewujudkan impian kami,yakni mengelilingi Nusantara ,dari Sabang hingga ke Merauke. Butuh waktu bertahun tahun bagi kami untuk dapat menjadikannya sebuah realita.Mengingat tanah air kita,merupakan  negara kepulauan,yang tidak dapat dikunjungj dengan mengunakan satu moda transportasi saja. 

Disamping memanfaatkan pesawat terbang,kami juga menempuh jalan darat yang lumayan jauhnya. Salah satu contoh,untuk mengunjungi Tanah Toraja,kami menggunakan jasa travel dari Makasar. Membutuhkan waktu sekitar hampir 13 jam,dengan menempuh jalanan yang sempit dan berlubang lubang.Sehingga kendaraan berdisko sepanjang perjalanan . Sementara itu untuk mengunjungi  Sabang ,kami harus memanfaatkan jasa angkutan laut,sehingga baru dapat tiba di Indonesia Zero. Begitu juga dari Samarinda,juga harus menumpang kapal kecil ,agar dapat tiba di Tengarong.

foto: tjiptadinata effendi

Kembali ke topik

Bertepatan ada kompetisi yang diadakan oleh Kompasiana yang bekerja sama dengan PT Freeport untuk menuliskan hal hal yang berhubungan dengan Tanah Papua.untuk mengungkapkan berbagai keberagaman yang hidup di Indonesia, seperti budaya, bahasa, serta pesona  alamnya.Dan salah satunya adalah Tanah Papua. Selama ini,kebanyakan orang ,bila mendengarkan nama :"Papua" ,maka yang terpikirkan hanyalah :" koteka dan Pesona Raja Ampat". Hampir senada dengan pemahaman orang diluar negeri,yang belum pernah berkunjung ke Indonesia,menganggap ,bahwa Bali itu adalah Indonesia, Padahal Pulau Bali,hanya salah satu dari sekian ribu pulau yang tersebar diseluruh nusantara.

Kompetisi ini,tentu dimaksudkan  sebagai salah satu upaya,untuk  membangun masa depan Tanah Papua ,dengan cara mengekpos segala potensi yang menarik dari pulau yang berada di paling ujung timur wilayah Indonesia ini,. Dalam upaya ,mengangkat  keunikan Papua da membuka jalan bagi  masa depan pariwisata Papua.

Yang Sudah Kami Kunjungi di Papua adalah: 

foto: tjiptadinata effendi

Jayapura

Jayapura yang merupakan ibu kota Papua,merupakan kota yang paling sering kami kunjungi,Karena diundang oleh Pak Wayan,yang pada waktu itu menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial dan berkantor di Abepura,. Kami juga tinggal di Mess,karena kegiatan kami berhubungan dengan kegiatan sosial yang diselenggarakan pada waktu itu. Berbicara tentangn Jayapura,tentu tidak mungkin terlewatkan Danau Sentani.

foto: tjiptadinata effendi

Disini ,sambil menikmati  pesona Danau Sentani,ada restoran di pinggir danau,dimana kita dapat menyantap  ikan fresh from the lake ,yang dibakar dan dibumbui sambal lado..Sungguh kenikmatan sepiring makanan,tak luput semakin terasa enaknya,bila disantap ditempat dimana kita dapat sekaligus memanjakan mata kita. 

Air danau yang tenang,pemandangan indah dan sejuknya semilir angin,membuat untuk sesaat kita terlena akan semua masalah hidup yang pelik pelik.Rasanya duduk seharian disini,ditemani secangkir kopi ,akan membuat orang betah,tidak hanya menikmati gurihnya ikan bakar segar,tapi juga mendapatkan ketenangan jiwa ,berhadapan dengan alam yang damai dan jauh dari noda kebencian dan kemunafikan manusia.Sungguh berlama lama disini,dapat membuat orang lupa diri,Karena bagaikan berada di taman firdaus.

foto: tjiptadinata effendi

Berburu Matahari Terbenam  di Biak 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline