Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Tugu Pahlawan Tak Dikenal, Jangan Sampai Dilupakan

Diperbarui: 1 Agustus 2016   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tugu Pahlawan Tak Dikenal  di Padang, yang Hampir Terlupakan

Mencoba menelusuri  tentang asal muasal dari Tugu Pahlawan Tak Dikenal yang berlokasi di  laman Museum Adityawarman ini,tidak  banyak membawa hasil. Karena tidak ada catatan tertulis,misalnya, sebelum disana berdiri Museum , lokasi itu bernama   Lapangan Tugu ,yang juga dikenal dengan nama Lapangan Dipo. Walaupun sesungguhnya Lapangan Dipo yang sebenarnya digunakan untuk kegiatan sepak bola berada di samping Tenunan Padang atau berseberangan dengan Fakultas Hukum Universita Andala.  Tempat yang dimanfaatkan oleh anak anak sekolah untuk berolah raga. Baik sepak bola ,loncat tinggi dan juga lempar lembing,

Dipisahkan oleh jalan raya, berdiri sebuah perumahan megah dan kokoh,sejak jaman Belanda yang bernama :”Frater Huis” atau Rumah Frater. Dan sesuai namanya, rumah besar ini dihuni oleh para Frater,yang umumnya dari negeri Belanda. Yang bertugas sebagai tenaga Pengajar.

Bila menghadap ke Rumah Frater ini,maka disamping kirinya ada Sekolah Dasar RK `1,yang dulunya bernama Sekolah Rakyat Roma Katolik 1. Sedangkan disamping kanan Rumah Frater,adalah Sekolah Rakyat RK 2 .

Dibelakang  SD RK 2 ini adalah SMP FRATER, yang pada waktu itu disore harinya dimanfaatkan sebagai SMP PIUS. Sedangkan berdampingan dengan SD RK 2 ini ,belakangan didirikan  SMA Don Bosco.

Berbatasan dengan Museum Adityawarman ini terdapat Pengadilan Negeri Padang. Sementara itu ,disamping kanan  Lapangan Dipo, dipisahkan oleh jalan raya ,terdapat Tenunan Padang,yang kemudian dijadikan kantor dari perusahaan Swast

prasasti-padang-1-5798af096f7a614e19d120c6.jpg

Taman Melati

Berhadapan dengan Tugu Pahlawan Tak Dikenal yang juga dipisahkan oleh jalan ,terdapatlah Taman Melati.

Walaupun hal ini,tampak sepele ,namun karena tidak ada catatan tertulis yang dapat dibaca dan ditemukan,maka pada masa ini,rata rata generasi muda,sudah tidak lagi mengetahui tentang latar belakang,nama lokasi yang digunakan untuk membangun Tugu Pahlawan Tak Dikenal  dan Museum Adityawarman.

sam-6818-jpg-563aee55747e616c0822d549-5798af80e7afbd8f0ef49430.jpg

Keterangan foto; museum Adityawarman di dekat Tugu Pahlawan Tak Dikenal/ foto dokumentasi pribadi

Mengapa Saya Peduli

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline