Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Mengapa Setiap Kali Ucapkan Kata Syukur, Ada Kekuatan Dahsyat?

Diperbarui: 26 Mei 2016   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengapa Setiap Kali Ucapkan Kata :”Syukur “ ,Ada Kekuatan Dahsyat Masuk Kedalam Diri Kita ?

Judul artikel saya berikan tanda tanya ,untuk menyatakan bahwa tulisan ini bukan dalam konteks menerangkan, apalagi menggurui. Malahan sebaliknya sebuah pertanyaan :” Why?” Mengapa?”
 Walaupun bukan orang yang termasuk sangat agamis, tapi satu hal yang tidak pernah saya lupakan sejak dulu hingga kini adalah mengucapkan satu kata saja,setiap kali terbangun dari tidur, yakni :”Syukur” .Tentu saja bersyukur kepada Tuhan,bahwa saya masih hidup ,bisa membuka mata dan mengerakkan semua organ tubuh dan daya ingat yang tidak meluntur.

Setiap kali mengucapkan rasa syukur ini,serasa ada kekuatan dahsyat yang membangunkan diri saya dari kemalasan, apalagi dimusim dingin yang menggoda untuk melanjutkan tidur. Tentu saja setiap orang memiliki cara dan gaya tersendiri dalam melafazkan atau melantunkan rasa syukurnya,antara lain, kalau boleh saya kutip:” Alhamdulilah…waasyukurillah..Puji Syukur kepada Tuhan… Haleluya…Praise the Lord….dan seterusnya,,,”

Rasa Kantuk ,Letih dan Malas Hilang Seketika

Malam tadi saya tidur agak larut. Karena menemani  istri nonton dikamar,sambil baca baca buku. Nah,pagi ini bangun terlambat.Saya baru terbangun ketika Lina ,istri saya membangunkan,serta mengatakan :” Banguun sayang,,…ntar capucinnonya dingin “ Rasa kantuk dan malas menyebabkan saya hanya menyawab:” Hmmmm yaa ntaarr” dan memaksa membuka mata dan  seperti biasa mengucapkan :” Praise the Lord…I still alive” .Terima kasih Tuhan, saya masih diijinkan hidup. Dan tiba tiba semua rasa kantuk dan kemalasan mendadak sirna.Ada energy yang masuk memenuhi seluruh relung hati dan jiwa. Dan saya bangun, berdiri ,menggerakkan seluruh anggota tubuh dan sekali lagi bersujud syukur…Saya masih hidup dan sehat waalfiat..Dan melangkah untuk mandi bersih bersih dengan wajah ceria dan perasaan segar bugar…..

Saya jadi teringat akan apa yang dituliskan oleh DR.Herbert Benson  MD ,Pendiri Mind and Body Intitute,yang dituliskannya dalam buku berjudul:” Mind Body and Soul”.Didalam tubuh manusia berlaku asas timbal balik. Bahwa didalam tubuh yang sehat ,terdapat jiwa yang sehat. Yang dalam bahasa latin disebut:” Mensana incorpore sano” .Sebaliknya, kesehatan tubuh, tidak terlepas dari pikiran dan jiwa yang sehat.

Manfaat Yang Saya Rasakan Selama Ini dengan Bersyukur:

  1. Bangun pagi tanpa beban
  2. Mampu menghapus rasa malas
  3. Bebas dari kemurungan
  4. Antusias menghadapi hidup
  5. Penuh rasa percaya diri
  6. Berani hadapi tantangan hidup
  7. Menjadikan diri selalu open minded
  8. Menikmati sarapan apa saja
  9. Menjadwalkan  rencana kegiatan
  10. Mengawali hari dengan tersenyum

Tulisan ini Hanya Mengajak Orang Bersyukur,Tapi BUKAN Mengajar Bagaimana Bersyukur

Tulisan ini adalah secuil kilas balik dari sepotong perjalanan hidup pribadi .Maksudnya mengingatkan dan mengajak kita bersama untuk mengawali hari dengan bersyukur.Mohon jangan diartikan  mengajar bagaimana cara beryukur,karena saya bukan dalam kapasitas tersebut.

Dalam kata :”syukur” terdapat resep untuk membangun pikiran positif dan menjauhkan hati dari kerisauan ,serta kemalasan.Yang secara langsung menghadirkan energy positif.untuk mengawali hari yang baru.Setidaknya hal inilah yang selalu memotivasi diri saya, agar jangan pernah melupakan untuk mengawali setiap hari dengan mengucap  syukur.

Setiap orang  memiliki pengalaman yang mungkin berbeda dengan apa yang saya rasakan sepanjang hidup .Yang mungkin dapat di sharingkan bagi orang banyak.

Iluka, 26 Mei, 2016

Tjiptadinata Effendi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline