Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Kata Siapa Berwiraswasta Harus Punya Modal Jutaan?

Diperbarui: 5 Mei 2016   09:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto; tjiptadinata effendi

Kata Siapa Berwiraswasta itu Harus Punya Modal Jutaan?

Baru mau berusaha, sudah langsung ditonjok dengan pernyataan,  “Mau dagang dengan modal dengkul emangnya bisa?!"

Kalimat ini sangat menghentak dan menyesakkan dada bagi kaum muda yang baru membicarakan tentang hasrat hati untuk berwiraswasta, namun sudah langsung dipatahkan semangatnya oleh pernyataan diatas. 

Paradigma seperti ini bukan main-main ,karena diulangi terus menerus, maka sadar atau pun tidak telah terbentuk sebuah kesimpulan yang keliru. Bahwa kalau mau mulai berusaha harus menunggu hingga modal mencukupi.

Ukuran cukup itu sangat relatif. Bisa satu juta rupiah,bisa 5 juta dan seterusnya. Banyak itu belum tentu cukup, tergantung mau usaha apa dan bagaimana bentuk usahanya. Karena pikiran sudah terbelenggu oleh pemikiran ”Bahwa tanpa modal besar,tidak mungkin bisa berwiraswasta” akhirnya menjadikan kaum muda, tidak berani lagi memikirkan tentang mengawali untuk berbisnis.

naskah-1-5729f2c6ce7e61cb073b6bc1.jpg

foto: tjiptadinata effendi

Belajarlah Dari Para Pedagang Kaki Lima

Kalau mau mulai berusaha, bertanya kepada pengusaha besar pasti jawabannya akan membuat hati kecut. Mungkin angka yang disebutkannya adalah ratusan juta rupiah atau malah miliaran. Sehingga yang mendengar menjadi shock dan hasrat hati mau mulai berbisnis langsung mati total.

Datangilah para pedagang kecil, pedagang kaki lima, warung tenda.  Bagaimana mereka mengawali usahanya. Maka di sana akan terbukalah wawasan kita bahwa untuk berusaha tidak harus tunggu modal besar. Merekalah guru bisnis sejati. Bukan ahli ekonomi!

Orang Padang Berbisnis Jual Suara, Orang Batak Jual Angin

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline