Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Ubah Kepahitan Hidup Agar Berbuah Manis

Diperbarui: 3 Mei 2016   07:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Pengalaman pahit dalam hidup dapat mengakibatkan orang menjadi manusia yang mati rasa,apatis dan penuh kebencian.bahkan membenci dirinya sendiri.Kepahitan hidup telah mengubahnya menjadi berhati batu. Tak mengenal belas kasih dan selalu merasa tersiksa menengok bilamana ada orang lain yang senang dan berbahagia.

Tebar kebencian, seakan menjadi satu satunya kesenangan dalam sisa hidupnya..Secara tanpa sadar tipe orang seperti ini ,semakin lama akan semakin terperosok dalam jurang kepahitan hidup,bila tidak ada orang atau hal yang dapat menyadarkannya.Tipe orang seperti ini sesungguhnya sangat patut dikasihani,ketimbang disisihkan dari pergaulan.

Disisi lain, orang bisa memilih untuk menjadikan kepahitan dan penderitaan, menjadi pelajaran hidup yang teramat berharga, agar hidupnya kelak berbuah manis

Jadikan Pengalaman Pahit  Hidup Kita, Menjadi Pelajaran Berharga

Seandainya kita boleh dan bisa memilih, maka setiap orang pasti mengharapkan jangan pernah ada pengalaman pahit terjadi selama hidupnya Namun  dalam kenyataannya, hidup  tidak selalu seirama dan senada dengan harapan dan dambaan hati. Bahkan tidak jarang yang terjadi justru bertolak belakang dengan hasrat hati kita. Maka dikala  hal ini terjadi dan berlangsung, akan menjadi  saat saat yang paling menyakitkan bagi diri kita.

Tapi apa yang harus terjadi, maka terjadilah. Suka ataupun tidak disukai. Kita diberikan pilihan: sakit hati. Menderita, terpuruk dan berakhir dengan mengenaskan  atau menjadikan pengalaman pahit ini sebuah pelajaran berharga. Sehingga tidak sia sialah kita menanggung derita  dan rasa sakit yang mungkin saja sangat menghujam hingga menembus keseluruh relung relung hati.

Mengambil contoh dalam kisah pewayangan, dimana Gatotkaca di godok dan ditempa dikawah Candradimuka  dimana terdapat api yang dahsyat,  sehingga menjadi sosok yang berotot kawat dan bertulang besi. Dalam hidup nyata, walaupun bukan api dalam bentuk phisik, tapi terdapat juga api yang membakar diri kita dan tak kurang menyakitkan.

Pengalaman pengalaman pahit dan menyakitkan inilah yang menempa sikap mental kita, sehingga menjadi manusia yang mampu memahami arti dan makna yang sesungguhnya dari hidup ini.Yang tak akan goyah dalam menghadapi masalah hidup yang bagaimanapun.Serta menjadikan kita manusia yang senantiasa open minded

Renungan Diri

Pernah merasakan terbaring sakit dan sekarat?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline