Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Jangan Dorong Anak Kita Jadi si Malin Kundang

Diperbarui: 1 April 2016   20:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Ilustrasi kebersamaan. Sumber : alent.org"][/caption]

Agar Anak Anak Menyayangi Kita Hingga Hari Tua

Kisah Si Malin Kundang yang sudah melegenda, tidak hanya di kenal dan dikenang  oleh warga yang lahir dan  tinggal di Sumatera Barat, khususnya kota Padang. Melainkan sudah menyeruak hingga keseluruh pelosok Nusantara.

Bahkan tidak jarang dijadikan semacam pesan  moral "Jangan  seperti Si Malin Kundang." Maksudnya adalah jangan sampai sebagai seorang anak, menduharkai orang tua. Baik dengan cara tidak mengakui secara terang-terangan, maupun dengan sikap acuh tak acuh yang ditunjukkan anak terhadap orang yang sudah melahirkan dan membesarkannya.

Namun pesan  moral boleh saja tergiang ditelinga, tapi belum tentu dimasukkan kedalam hati,serta dijadikan pedoman hidup. Tidak jarang kita menyaksikan, orang tua yang di tinggalkan di Panti Jompo dan hanya sekali setahun saja ditengok.

Bahkan tidak sedikit anak anak yang tadinya dilahirkan dan dibesarkan, setelah dewasa, tega memperlakukan orang tuanya sebagai pengemis ,yang menunggu uluran tangan anaknya untuk memberikan sesuatu untuk dimakan.Mengapa bisa terjadi hal yang sangat menyedihkan ini?

Bisa jadi karena pengaruh lingkungan dan teman temannya, namun tidak tertutup kemungkinan,justru penyebabnya adalah sikap orang tua sendiri. Yang mendidik anak anak secara otoriter dan tanpa kasih sayang yang sesungguhnya.

Kiat Untuk Meletakkan Dasar Kasih Sayang Dalam Diri Anak

Setelah didera penderitaan hidup selama tujuh tahun,bersama putra kami yang baru satu pada waktu itu, akhirnya kami dapat menikmati hidup layak, sebagaimana orang lain. Tidak ada perlakuan istimewa dalam pendidikan anak anak. Hingga belakang hari, istri saya melahirkan putra kedua, yang selisih umur 7 tahun dari putra sulung, dan 3 tahun kemudian putri bungsu kami lahir. Genaplah sudah dalam keluarga kecil kami total 5 orang.

Untuk mendidik anak anak ,kami tidak mengunakan teori dari professor manapun, melainkan mendidik mereka dengan penuh kasih sayang. Kami tidak pernah menggurui mereka berjam jam dalam mengajarkan pekerti dan kesantunan, namun lebih banyak memberikan contoh dan teladan. Karena bagi anak anak, seribu kotbah orang tua, bisa dilupakan seiring dengan berjalannya waktu, namun contoh teladan yang diberikan secara nyata, akan tersimpan selama hidup mereka.

Hal Hal Sederhana Yang Kami Terapkan:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline