Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Peluang Bisnis, Modal 5 Juta Rupiah Membangun Home Industri

Diperbarui: 11 Maret 2016   18:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[/caption] Produk ini berasal dari Indonesia, dipacking di Singapore dan dijual di Australia/ tjiptadinata effendi

Dengan  Modal 5 Juta Rupiah Sudah Dapat Mendirikan Home Industry

Peluang bisnis itu sesungguhnya ada di depan mata. Namun karena pikiran sudah termakan oleh pemahaman, bahwa bisnis itu rumit,maka kita tidak mampu menengok peluang yang ada di depan mata.

Tadi siang saya ke Supermarket, menemani istri berbelanja. Kemana lagi orang Indonesia berbelanja,kalau bukan mengarahke Asean Corner.dimana terpajang segala macam produk dari Asea. Mulai dari Indomie, Supermie yang diimpor dari Indonesia, santan kental dalam kalengan dan nangka muda yang juga di kalengkan ,yang diimpor dari Thailand. Selain itu berjejeran produk rempah rempah. Antara lain : Cinamon – kulit manis , Nutmeg – pala dan Tumeric – kunyit. Semua sudah digiling halus dan dibotolkan.

Isi perbotol.tetulis 28 gram dan harganya  3,20  dollar atau setara Rp.32.000,= Yang kalau dikalkulasikan rata rata harga per satu gram rempah ini adalah sekitar 11 sen atau Rp 1.100.—atau perkilogram adalah 1000 x Rp.1.100=Rp 1.100.000—(terbilang: satu juta seratus ribu rupiah)

Menurut teman saya yang bekerja di bagian memberi label pada botol botol ini, produk ini berasal dari Indonesia. Dikirim dari Singapore dalam bentuk bubuk dan kemudian di kemas dan diberi label di Australia.

[/caption]CASSIA ATAU KULIT MANIS /Tjiptadinata Effendi

Peluang Bisnis Yang Sangat Menjanjikan

Sesungguhnya produk rempah rempah ini , merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Agar tidak membingungkan, kita ambil satu saja contohnya.yakni : cassia atau kulit manis. Mengapa saya memilih komoditas ini?

Pertama karena sudah 20 tahun berpengalaman dibidang Cassia atau kulit manis ini dan dari satu komoditas dapat sekaligus memproduksi dua jenis barang dagangan. Yakni : rempah rempah dan teh Cassia. Alasan kedua, Cassia tidak mengenal musim dan mudah diperoleh, serta tidak akan membusuk.seperti halnya kunyit dan buah pala.bila tidak dijemur sampai benar benar kering.

Harga Cinamon,yang kalau di Indonesia dikenal dengan nama Cassia atau kulit manis,harga perkg. Sekitar Rp.25.000.—perkg .Ditambah dengan biaya produksi, kesusutan dan biaya packing dan pengeluaran lain lainnya. Tentu jangan bayangkan , dalam satu kg bisa untung 1 juta rupiah,karena harga yang dituliskan di atas adalah harga retail di Australia.Kalau baru mulai berusaha, dapat dipasarkan ke supermarket seluruh Indonesia.dengan keuntungan yang ditakar sendiri,sesuai permintaan pasar. Ada ribuan supermarket dan mini market di Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline