Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Ketika Hidup Kita Jadi Olok Olokan Orang

Diperbarui: 9 Februari 2016   10:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

keterangan foto: di kapal Volendam dalam perjalanan ke Alaska

Hidup itu tidak selalu mulus dan lurus. Terkadang berkelok-kelok, licin, terjal dan curam. Malahan tidak jarang, sudah hati-hati, sudah kerja keras, sudah berdoa, toh masih juga tergelincir dan jatuh. Nah, disaat saat kita jatuh dan dalam kondisi keterpurukan, terjadilah proses pembedahan batin yang teramat sulit dilalui. Teman-teman, bahkan sahabat baik dan kerabat yang biasa sangat dekat dan menghormati kita, secara berangsur menjauh dan menghilang.

Bahkan telpon kita berkali kali tidak lagi dijawab dan ketika kita berkunjung kerumahnya, pembantu yang biasa langsung membukakan pintu untuk kita, kini akan bersikap lain, ”Maaf ya, bapak lagi tidur, tidak bisa diganggu”

Dan ketika suatu saat, telpon tersambungkan, maka jangan harap sahabat baik kita selama ini akan menyapa seperti biasa: ”Haloo apa kabar? Ntar malam kita makan bersama yaa?“ Hmm, jangan mimpi, karena jawabannya sangat dingin melebihi musim dingin di Himalaya. “Halo, apa kabar?“ Dan hanya berbicara basa basi satu dua kalimat untuk kemudian memutus pembicaraan dengan mengatakan: ”Aduh, maaf ya, ada tamu didepan saya. Nanti kapan kapan kita ngobrol lagi yaa” Dan “cklek..” telpon putus. Bagaimana perasaaan kita? Tentu hanya Tuhan dan kita yang tahu.

Jadi Bahan Olokan

Ada juga teman yang mau mendengarkan curhat kita, tapi bukan untuk memberikan saran atau membantu mencarikan solusinya, malahan jadi bahan cemoohan dan olokan. Merasa mendapatkan sahabat tempat mencurahkan rasa hati, serta impian impian yang ingin dicapai, tentu membuat hati kita jadi senang. Dan tanpa terasa meluncurlah semua isi hati kita dalam bentuk curhat langsung.

Bahwa saya ingin menjadi pengusaha. Membangun rumah permanent, menyekolahkan anak anak keluar negeri.

Ternyata belakangan, hal  ini jadi bahan lelucon dan olok olokan. Dalam bahasa Padang ada pribahasa mengatakan: ”Malompek tanggiri, malompek pulo bada bada” Artinya: orang yang tidak tahu diri. Orang kaya membangun rumah dan menyekolahkan anak keluar negeri, ee si  bokek (maksudnya saya), berani pula bermimpi disiang bolong. Menyekolahkan anak diluar negeri? “Hambuanglah ngarai!” (bunuh diri saja lah)

Menyikapi Penghinaan

Bagi orang kaya, dikatakan: "malompek tanggiri, malompek pulo bada bada” tidak akan membuat ia merasa terhina, Malahan bisa marah dan berkata: ”Saya punya uang, kamu tahu!”

Tapi dalam kondisi terpuruk lahir batin, kalimat kalimat ini sungguh seakan sebatang tombak yang langsung menembus keulu hati. Melukai amat sangat.  Terus mau apa? Mau bunuh diri? Lompat ke ngarai seperti dikatakan orang?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline