Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Miskin, Bukan Sarjana, Mampu Ubah Perbukitan Jadi Daerah Wisata Dunia

Diperbarui: 23 Januari 2016   12:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Pemuda Miskin, Mampu Mengubah Perbukitan Jadi Objek Wisata Dunia

Miskin dan Tidak Bisa Berbahasa Inggris

Pemuda miskin dan tidak bisa bahasa Inggris, bernama Lim Goh Tong, kelahiran Cina tahun 1918 ini meninggalkan kampung halamannya diusia 20 tahun. Ayahnya meninggal ketika Lim Goh Tong baru berusia 16 tahun sehingga dia terpaksa meninggalkan bangku sekolahnya.

Merantau ke Malaysia, hanya dengan berbekal uang seadanya yakni 100 dolar pemberian ibunya dan 75 dolar hasil tabungannya sendiri. Sesuatu yang mungkin bagi orang lain, dianggap sebuah kegilaan karena menuju kesebuah negeri yang bahasanya sama sekali tidak dipahaminya. Namun tekad Goh Tong adalah mengubah nasib! Ia tidak ingin mati sebagai orang miskin di negerinya.

Setelah berlayar selama delapan hari, ia sampai di Singpura dan harus membayar biaya pelayaran sebanyak 120 dolar, sehingga tersisa dikantongnya uang sebanyak 55 dolar. Menumpang dirumah saudara perempuannya selama dua hari dan kemudian melanjutkan perjalanannya ke Malaysia dengan kereta api

Kakak iparnya berbaik hati membayarkan tiket kereta api dan memberikannya dua dollar sebagai uang saku.

Mengawali Pertualangan Sebagai Tukang Kayu

Tiba di Kuala Lumpur, Lim Goh Tong tinggal dan bekerja dirumah pamannya, membantu sebagai tukang kayu dengan gaji 80 cent sehari. Inilah awal dari kisah pertualannya yang seakan sebuah dongeng. Sejak saat itu ia memanfaatkan waktu luangnya dengan belajar berbagai hal. 

Terlalu panjang untuk diuraikan secara rinci. Hidup yang diisi dengan kerja keras dan tak pernah mengenal lelah, tidak menjadikannya lupa akan impiannya. Bahwa ia merantau ke negeri orang, tentu bukan hanya sekedar untuk bisa makan dan bertahan hidup, tapi mengubah nasibnya.

Ide Mendirikan Genting Highlands
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline