Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Kenali Beda Budaya untuk Hindari "Cultural Shock"

Diperbarui: 15 Juli 2016   11:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengenal Beda Budaya, Agar Jangan Terjadi Cultural Shock


Mungkin kini belum terniat untuk jalan jalan keluar negeri, tapi mungkin suatu waktu kelak akan ada keinginan tersebut. Nah, kisah kisah tentang cultural shock, sudah teramat sering kita dengar dan dibaca. Mungkin dianggap lucu, karena tidak dialami sendiri. Namun bagi yang secara langsung merasakannya, tentu pernah merasakan hal yang tidak nyaman. Bahkan mungkin juga sangat jengkel dan merasa shock. Inilah yang dikenal dengan istilah ”cultural shock,” yang dapat mengakibatkan niat awal untuk bersenang-senang di negeri orang, berubah menjadi rasa sakit hati dan kecewa.

Nah, seperti juga halnya ” lebih baik mencegah, daripada mengobati” maka kendati kasusnya beda, namun pesan moral ini sangat tepat diterapkan juga dalam hal beda budaya ini. Lebih baik kita mngetahui sedikit tentang budaya di negeri orang, agar kelak bila entah karena alasan apa, kita terdampar di luar negeri, secara mental kita sudah siap. Dan tidak lagi mengalami cultural shock.

Undangan Makan

Bila diundang makan jangan membayangkan ala undangan di Indonesia. Yakni datang, makan dan pulang. Disini hal tersebut tidak berlaku, Karena diundang makan bersama, artinya :”makan bersama, tapi bayar masing masing”

Bila dalam undangan ada tertulis ”bring your own plate” jangan bayangkan diminta bawa piring karena nanti setelah makan selesai, boleh bawa pulang makanan. Maksudnya ” bawalah priing yang berisi makanan atau buahan, untuk dimakan bersama”. Yang dibawa pulang adalah piring kosong kita.

Ditawarin Rencana Penguburan Diri

Jangan kaget atau marah, kalau berada di Australia dan tiba-tiba ada telpon masuk, atau ada yang datang bertamu dan menawarkan ”peti mati dan rencana penguburan diri kita”. Maksud mereka, semua orang pasti akan mengalami hal tersebut. Nah,daripada merepotkan anak cucu, maka setiap orang yang sudah berumur 60 tahun keatas, disarankan agar mempersiapkan rencana penguburan dirinya sendiri. Sadis? Bukan, hanya beda budaya.

Ditawarin Minuman dan kue Gratis

Dibeberapa tempat, dimana tidak ada kafe dan restoran, maka ada volunteer yang menyediakan semacam depot, bagi pengendara yang butuh minuman dan kue kecil, Semua ditawarkan gratis. Nah, jangan lantas karena ditawarkan gratis, kita langsung buka tas plastik dan masukkan sebanyak-banyaknya kue. Karena akan jadi tontonan orang yang ada disana Tentu akan mempermalukan diri kita sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline