Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Persahabatan Tulus Tak Akan Pupus Oleh Waktu

Diperbarui: 11 Agustus 2015   22:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Persahabatan Tulus Takkan Pupus Tergerus Waktu

Persahabatan yang didasari atas berbagai kepentingan, tak akan mampu bertahan lama Misalnya :

  • Sahabat politik
  • Sahabat dagang
  • Sahabat dengan pejababat
  • Sahabat karena ada sesuatu yang diharapkan

Keempat kategori “persahabatan “ ini, sesungguhnya hanyalah persabahatan semu atau persahabatan “ tipu tipu” atau saling menipu. Saling ketawa, bersalaman dan bahkan saling berpeluk pelukkan . Namun begitu salah satunya tidak lagi memberikan keuntungan atau tidak lagi memenuhi harapan, maka “persahabatan ini “ akan mencair,bagaikan mentega terjemur diteriknya matahari.

Inilah agaknya yang dinamakan persahabatan tipu tipuan. Karena tidak didasarkan atas ketulusan hati. Hanya berdasarkan kepentingan sesaat dan dikemas dalam segala kepura puraan.

Saya sudah melakoni semuanya dan merasakan betapa sebuah persahabatan tipu tipu ini, berakhir secara sadis dan menyakitkan. Sehingga ketemu di jalan ,tidak lagi bertegur sapa.

 

Persahabatan yang Tulus

Kami bertemu pertama kali dengan P.Stradioto tahun 1967 di kota Padang dan saling berhubungan hingga tahun 1976. Kemudian masing masing sibuk dengan urusan kehidupan. Jarak dan waktu yang memisahkan, ternyata tak mampu mengerus jalinan persahabatan kami yang sudah terekat pekat.

Kedatangan kami berdua di sampaikan oleh adik kami kepada P.Stradioto yang tinggal di kota Roma. Kami janji bertemu di Vatican,karena mau diajak bertemu dengan keluarga dan ponakan ponaknnya ,sekalian diundang makan siang bersama.

Sesuai dengan jam yang dijanjikan ,yakni jam 12 .00 , kami bertemu didepan pintu gerbang Gereja Santu Petrus.. Disinilah saya melihat dan merasakan, bagaimana P.Stradioto menempatkan dirinya dalam persabahatan kami.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline