Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Pecahkan Rekord Dunia Lari Maraton 42 Kilometer Kutub Utara

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1428846600108452

[caption id="attachment_378108" align="aligncenter" width="700" caption="Adrian Pecahkan record dunia ,maraton Kutup utara/australianplus"][/caption]

Pecahkan Record Maraton Kutub Utara 42 Kilometer

Olah raga lari terdiri dari beberapa nomer,yakni nomer lari jarak pendek100 hingga 400 meter. Sedangkan nomer lari jarak menengah ,adalah menempuh jarak antara 800 – 3000 meter.Untuk lari jarak jauh yang lebih dikenal dengan marathon , mengambil jarak antara 5000 – 10.000 dan 42 000 meter..

Tehnik yang digunakan dalam setiap perlombaan sudah pasti tidak sama. Misalnya untuk nomer lari jarak dekat, maka begitu aba aba :” start” atau bunyi letusan, maka setiap peserta akan berusaha sekuat tenaga untuk memenangkan lomba. Namun dalamjarak jauh ,yang disebut marathon, maka peserta lomba sudah harus mengunakan taktik ,agar tidak kehabisan nafas dan tenaga..Apalagi bila lomba lari maraton diselenggarakan di jalanan bersalju dan jarak 42 kilometer di Kutup Utara.

Pertama Dalam Sejarah

Pelari Adrian Dodson –Shaw, adalah warga Aborigin Australia pertama dalam sejarah, yang mampu memenangkan tantangan lomba marathon bergengi di dunia, yakni:” Maraton Kutub Utara”. Lomba lari jarak jauh(marathon) yang berjarak 42 kilometer ini, diselesaikan oleh Adrian dalam waktu 8 jam dan 23 menit. Adrian ,yang berusia 31 tahun, telah menunjukkan kebolehannya dengan mengalahkan44 perserta lainnya,termasuk enam orang warga Australia.

Lomba Maraton Yang Unik

Untuk melindungi para peserta marathon yang berjumlah total 45 orang ini, panitia telah mempersiapkan para penembak jitu di lokasi yang dilintasi oleh para perserta, sebagai tindakan antisipasi terhadap serangan beruang kutup,maupun hewan liar lainnya.

Berjalan di lokasi yang dibalut oleh salju setinggi lutut, agaknya sudah sangat susah bagi orang awam,apalagi berlari sejauh 42 kilometer, Namun ternyataAdrian telah membuktikan ketanguhanmental dan phisiknya,sehingga memenangkan pertarungan ini,

Kemenangan Adrian ini , diharapkan akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi kaumnya,yang dikenal selama ini sebagai suku bangsa yang hidup dalam genangan minuman beralkohol. Ini adalah cita cita Adrian, yakni menjadi contoh bagi orang orang sesukunya,agar bangkit dari keterpurukan minuman keras.

Iluka, 12 April,2015

Tjiptadinata Effendi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline