Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Hari Ini Sudah Diserahkan 17.837 Keping Koin ke Kedubes Australia

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14259895091344302762

penyerahan koin/ft,abcnews

Hari Ini Diserahkan 17.837 Koin Ke Kedutaan Besar Australia di Jakarta

Sebagai ungkapan rasa kecewa, atas sikap dan pernyataan Tony Abbott, yang mencoba mengaitkan sumbangan kemanusiaan kepada masyarakat Aceh sewaktu tsunami,makatimbul gerakkan untuk mengumpulkan koin. Tindakan Tony ini, dipicu oleh rencana esksekusi duo Bali Nine, yakni Sukumaran (33 tahun ) dan Chen (31 tahun) .Setelah berbagai upaya pendekatan ,baik yang dilakukan secara langsung, maupun melalui Menteri Luar negerinya ,mengalami kegagalan,maka Tony berupaya mengingatkan Presiden R.I. Jokowi ,tentang bantuan yang diberikan pemerintah Australia ,pada waktu terjadi tsunami di Aceh.

Walaupun Menteri Luar negerinya sudah berupaya untuk mengklarifikasikan pernyataan yang keliru itu, bahwa sesungguhnya maksud Tony adalah ,bahwa Australa selalu ada ,ketika Indonesia membutuhkan.  Namun masyarakat Indonesia  sudah terlanjur kecewa, atas pernyataan Tony tersenbut.Termasuk sebagianWarga Australia jugamenyatakan kekecewaan mereka,karena bantuan kemanusiaan yang mereka sumbangkan, dikaitkan dengan masalah politik dan kepentingan Tony.

Sudah Diserahkan 17.837 Keping Koin

Puluhan mahasiswa dan pemuda menyerahkan koin untuk Perdana Menteri Australia Tony Abbott melalui Kedutaan Besar Australia di Jakarta, pada Selasa (10/03).

Koin yang disimpan dalam empat kantung plastik itu diserahkan puluhan mahasiswa asal Aceh, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Jawa kepada perwakilan Kedubes Australia.Saat diserahkan, koin-koin berjumlah 17.837 keping itu bernilai total Rp7,3 juta.(sumber : abcnews)

Kendati dalam masalah jumlah nominal. Sangat kecil ,namun setidaknya masyarakat Indonesia ,sudah menyampaikan pesan .bahwa mereka tidak suka, masalah sumbangan yang sudah diberikan, diungkit ungkit dan dikaitkan dengan masalah yang tidak ada hubungannya, dengan warga Aceh.

Kegaduhan Masalah Esekusi Hukuman Mati Tak Mempengaruhi Hubungan Antar masyarakat

Hingga hari ini, di Australia, sama sekali tak tampak adanya perubahan sikap, antara hubungan kedua masyarakat ini.  Sesuai dengan sifat warga Australia.yang tidak suka berbicara tentang politik.

Dengan tersampaikannya pesan dari masyarakat Indonesia, melalui penyerahan koin tersebut, diharapkan ,sejak kini kedepan, hubungan antar kedua negara ini, bisa menjadi jernih kembali.

Mt.St.Thomas, 10 Maret, 2015

Tjiptadinata Effendi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline