Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Bagaimana Sekolah di Australia Menjaga Keamanan Murid

Diperbarui: 20 Juni 2015   05:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bagaimana Sekolah di Australia Menjaga Keamanan Anak Anak
Lain Padang, lain belalangnya .Beda negeri ,beda juga aturannya. Tapi mungkin ada hal hal yang bisa kita petik manfaatnya ,dengan mempelajari dengan ikut mengambil bagian dari kegiatan kegiatan yang di selenggarakan sekolah sekolah di luar negeri. Salah satunya adalah Australia.
Karena kami domisili disini ,semenjak 10 tahun lalu dan cucu cucu kami ikut mengambil bagian dalam hampir setiap ada kegiatan ektra diluar sekolah formal.
Tadi pagi , putri kami bercerita pada saya dan istri, bahwa ia harus mempersiapkan banyak jenis barang, untuk putra nya Allan dan putrinya Kerisha ,yang akan ikut mengambil bagian dalam kegiatan camping yang akan diadakan diluar kota. Untuk melepaskan anak anak berpergian bersama guru sekolah, tidak perlu ada yang harus dikuatirkan. Karena seluruh persiapan dan keamanan anak anak sudah menjadi agenda utama ,dalam setiap kegiatan,terutama kegiatan diluar sekolah.
Melihat satu clip surat ,yang berisikan apa saja yang perlu dipersiapan oleh orang tua, untuk anak anaknya yang akan ikut dalam kegiatan camping, para orang tua sudah membayangkan kesibukan dan waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan segala sesuatunya.
Dan tidak kurang pentingnya adalah formulir yang harus diisi dan ditanda tangani oleh orang tua,sebagai tanda persetujuan anak anak mereka ikut dan bahwa orang tua menyatakan bersedia untuk melengkapi semua persyaratan diminta .Demi untuk keselamatan dan kenyaman anak anak mereka.
Packing List
Ada lembaran Packing List yang perlu diperhatikan , tentang persiapan apa saja yang harus dipersiapkan.
-baju (tidak diijinkan singlet)
-Jeans
-kaus kaki dan pakaian dalam
-mantel hujan
-piyama
-pakaian renang
-cream
-sabun mandi
-dua buah handuk
-sleeping bag

- cream anti serangga

-plastic untuk pakaian kotor
-obat obatan pribadi
-tissue
Optional: camera
Apa yang tidak diijinkan untuk dibawa ke Camping adalah:
-radio/Mp3 Players
-computer/video-games
-Mobile phone (HP)
-permen karet
-perhiasan/permata
-barang barang berharga lainnya.
Alasan Mengapa Tidak diijinkan Membawa Mobile Phone dan Video games
Adalah agar semua anak anak bisa lebih akrab dan tidak menyendiri dengan computer .video games ataupun asyik dengan Hp masing masing. Tujuan camping adalah membiasakan anak anak mandiri dan membiasakan anak anak untuk bisa hidup berdampingan dengan orang lain.
Dilarang Keras membawa:
-obat obatan terlarang
-rokok
-alkohol
Bila kedapatan ,siapapun yang membawa salah satu dari barang yang dilarang tersebut, akan dikeluarkan dari rombongan dan dilaporkan ke Polisi. Karena semua nya adalah Ilegal untuk anak anak. (di Australia, rokok hanya boleh dijual pada orang yang berusia ,minimal 18 tahun .Untuk minuman alcohol ,minimum usia adalah 21 tahun. Bagi yang melanggar, baik yang membeli ,maupun yang menjual, akan dikenakan sanksi yang berat)
Khusus bagi anak anak yang memiliki kelainan ,maka orang tua wajib melaporkan kepada guru secara tertulis, termasuk anak anak yang terkena bronchitis. Untuk anak anak yang alergi terhadap sesuatu makanan juga harus dilaporkan , agar panita dan guru guru sudah mempersiapkan sejak awal,makanan yang bisa di makan oleh murid murid.
Membawa uang
Bagi para orang tua yang ingin membekali anak anak mereka dengan uang jajan, disamping makanan yang sudah disiapkan oleh sekolah, disarankan, agar paling banyak 30 dollar dan dimasukkan kedalam emplop tersegel ,serta diberikan nama.
Aturan selama camping
Para orang tua dilarang mendatangi anak anak di lokasi camping,karena akan mengganggu seluruh acara .
Tidak ada kontak telpon atau Hp ataupun email selama camping berlangsung.
Bagi orang tua yang ingin menyurati anak anak , selama camping berlangsung 5 hari, bisa dialamatkan kepada Panitia, temasuk mengirim pesan lewat email. Yang akan disampaikan oleh Panitia kepada yang bersangkutan, Barry Sport and Recreation Centre ini berlokasi sekitar 2 jam perjalanan . Untuk hal hal yang bersifat emergency, para orang tua dapat menghubungi telpon Panitia ,yang sudah dikirimkan kepada masing masing orang tua.Telepon emergency ini standby 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.Dalam arti kata, standby setiap saat. Panitia sudah akan berada di lokasi, 2 hari sebelum hari H nya untuk mempersiapkan segala sesuatunya secara matang. Disamping Panitia, beberapa orang security juga sudah diminta untuk ikut secara khusus menangani masalah keamanan anak anak .
Melihat betapa matangnya persiapan bagi anak anak yang akan camping, mungkin sekaligus memberikan jawaban kepada kita, mengapa di Australia, amat jarang terdengar pelecehan terhadap anak anak, baik disekolah,maupun dalam kegiatan diluar sekolah.
Mungkin sekolah sekolah di tanah air kita, bisa mengambil pelajaran dari laporan kegiatan camping ini. Demi untuk kebaikan dan sekaligus perlindungan terhadap anak anak kita.
Mount Saint Thomas, 05 Juni, 2014
Tjiptadinata Effendi

-
-




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline