Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Inilah Wajah Tokoh ISIS asal Australia yang di Wanted

Diperbarui: 18 Juni 2015   01:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14102715251249471412

[caption id="attachment_341859" align="aligncenter" width="440" caption="inilah wajah tokoh ISIS asal Australia sumber/ft. credit: abc/afp"][/caption]

Dalam tahun ini, entah sudah berapa banyak orang Australia ,yang dibatalkan Paspornya, oleh ASIO.karena ketahuan,secara diam diam keluar dari Australia dan bergabung dengan pasukan asing, untuk bertempur di Gaza ,suriah dan sekitarnya.

ASIO  - Australian Security Intelligence Organization adalah satu-satunya lembaga Australia Komunitas Intelijen berwenang dalam rangka tugas normal untuk melakukan investigasi ke dalam kegiatan warga.

Kepolisian Federal Australia (AFP) mengeluarkan perintah penangkapan terhadap Mohammad Ali Baryalei, diduga sebagai seorang komandan operasi ISIS asal Australia. Perintah ini dikeluarkan menyusul investigasi yang mengungkap identitas pria asal Sydney tersebut. Baryalei (33 tahun) dipercaya sebagai anggota ISIS paling senior dari Australia, dan pernah bekerja sebagai penjaga kelab malam di daerah Kings Cross di Sydney.

Baryalei memiliki latar belakang keluarga bangsawan asal Afghanistan dan datang ke Australia sebagai pencari suaka saat ia masih anak-anak. Ia bahkan pernah menjadi aktor dalam serial TV berjudul Underbelly, namun belakangan diketahui ia menjadi sangat radikal.

Menurut pihak berwajib, Baryalei, menggunakan posisinya sebagai komandan operasi ISIS untuk menyalurkan lebih setengah dari 60 warga Australia yang teridentifikasi menjadi anggota ISIS. Menurut sumber ABC di kalangan intelijen, Baryalei bertugas merekrut para pejuang ISIS itu, termasuk Khaled Sharrouf yang membuat heboh karena memposting foto anaknya memegang kepala terpenggal di Suriah. Baryalei juga diduga merekrut Mohamed Elomar yang bersama Sharrouf terlihat dalam video mengeksekusi tahanan di Irak.

Selain itu, Baryalei diduga memfasilitasi remaja berusia 17 tahun serta tujuh warga Australia lainnya yang belakangan diketahui telah terbunuh di Suriah dan Irak. Dalam pernyataannya kepada ABC, AFP mengemukakan surat perintah penangkapan telah dikeluarkan atas nama Baryalei dengan tuduhan terlibat aktivitas terorisme.

Baryalei menjadi pemimpin gerakan Street Dawah di Sydney, dan diduga ia membentuk sel kelompok garis kerasnya.

Menurut data yang diperoleh ABC, Baryalei tiba di Tukri bulan April 2013 dan membangun basis di perbatasan Suriah untuk merekrut warga Australia bergabung dengan kelompok Jabhat Al Nusrah.belakangan Baryalei menjadi tokoh penting dalam gerakan ISIS awal tahun ini. (sumber:abc.news/afp)

Mount Saint Thomas, 10 September, 2014

Tjiptadinata Effendi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline