Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Minimalkan Kecelakaan Lalin Akibat Alkohol, Australia Wajibkan Pasang Test Breath di Kendaraan

Diperbarui: 17 Juni 2015   12:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1421598051557189784

[caption id="attachment_365050" align="aligncenter" width="380" caption="petugas kepolisian sedang razia breath test di NSW/tjiptadinata effendi"][/caption]

Mulai 1 februari, alat uji nafas alkohol akan dipasang di mobil pengemudi yang kedapatan dalam darahnya ada kandungan alkohol lebih dari 0.15 ketika mengemudi.

Pemerintah New South Wales mulai bulan depan akan memaksa pengemudi yang berulang kali kedapatan mengemudi dalam keadaan mabuk untuk membayar pemasangan alat tes kandungan alkohol dalam nafas di mobil mereka senilai ribuan dolar.

Mulai 1 Februari mendatang, siapa saja yang kedapatan didalam darahnya terdapat kandungan alkohol 0.15 atau lebih dan ternyata telah beberapa kali tertangkap melakukan pelanggaran mengemudi dalam keadaan mabuk akan diwajibkan memasang sistem interlok alat tes kandungan alkohol dalam nafas di kendaraan mereka selama minimal 12 bulan.

Alat interlock ini akan dipasang pada kunci kontak mobil dan pengemudi harus melakukan tes nafas dahulu untuk menyalakan kendaraan. Kendaraan mereka baru akan bisa menyala jika hasil rekaman alkohol dari tes yang dilakukannya menunjukan angka nol.

Menteri Perhubungan NSW, Duncan Gay mengatakan ini merupakan upaya pemerintah NSW untuk menekan kecelakaan di jalan akibat alkohol.Program ini bertujuan melindungi orang-orang yang tidak bersalah yang dengan secara tidak adil hidupnya direnggut oleh pengemudi mabuk.(sumber: abcnews)

[caption id="attachment_365052" align="aligncenter" width="504" caption="petugas kepolisian sedang tilang pengemudi /doc.pri"]

1421598258828806350

[/caption]

Tengok Kinerja Poliisi Australia Terapkan Breath Test untuk Minimalkan Kecelakaan Lalin

Selama hampir 10 tahun berdomisili di Australia,sudah puluhan kali saya terkena razzia: ”Breath Test”. Yang dimaksudkan dengan breath test adalah razia yang diadakan oleh Polisi secara resmi. Jadi ada rambu rambu yang dipasang di jalan, agar pengemudi memperlambat kendaran dan berhenti dipinggir jalan.

Selama bertahun tahun, biasanya hanya sekali dua dalam sebulan saya kebagian rassia ini,tapi sejak bulan bulan terachir, breath test ini meningkat secara tajam,sehingga dalam seminggu bisa 3 atau 4 kali kebagian test alkohol ini

Tengok Cara Terapkan Breath Test

Bila sudah ada rambu rambu untuk memperlambat dan kemudian berhenti di pinggir jalan, maka setiap pengemudi harus mematuhinya .Sapaan standard adalah Pak Polisi menegur dengan ramah dan sopan:” Good morning Sir, Could you please give me a breath test?

Sebuah alat breath test disodorkan didepan mulut dan kita mulai menghitung:” One,two,three,four, five ,six ,seven, egiht, nine and ten….” Pak Polisi melirik kealat test dan….”Excellent…thank you Sir and have a nice day”

Polisi yang tadinya ramah,akan berubah kasar dan keras ,bila terdapat pengemudi yang dalam keadaan mabuk. Pernah saya menyaksikan,pengemudi disuruh turun dan Kunci kendaraan diambi.l Polisi  membawa kendaraan tersebut di ruas jalan yang tidak menghambat lalu lintas.

Sudah hampir dipastikan ,kena denda , sekitar 200 dollar, plus demerit point dan kalau sebelumnya sudah pernah lakukan kesalahan yang sama maka Driver License nya akan di batalkan dan selama satu tahun tidak boleh mengemudi .Tahun depan baru boleh ikut test dari awal lagi. Dalam hal penerapan sanksi, tidak ada tebang pilih disini. Karena wewenang polisi ,tidak diaduk dengan pengaruh dari kekuasaan lainnya. Buktinya ,seorang petinggi di daerah ini pernah di tilang dan Ijin mengemudinya dicabut, Karena melanggar aturan lalin,yang dinilai cukup berat

Breath Test Turunkan 40 Persen Angka Kematian akibat kecelakaan Lalu Lintas di New  South Wales.

Drink driving is a factor in about one in every five crashes in NSW where someone is killed.

Drink driving is a criminal offence. If you are arrested for being over your legal blood alcohol concentration limit you will be charged and have to appear in court. There are also penalties if you refuse to take a breath test(dikutip  dari : New South Wales Centre for Road Safety )

Sedikit Tentang Demerit Point

Setiap Pengemudi, yang sukses mendapatkan SIM, diberikan 12 point. Bila melakukan kesalahan, karena melanggar aturan lalu lintas, atau rambu rambu perpakiran, maka disamping kena denda ,minimal 110 dollar, juga dikenakan, ” demerit point”. Artinya ,pointnya dikurangi. Kalau pointnya habis, maka tamat pula ijin mengemudinya .Berarti sejak saat pointnya habis, maka seseorang tidak berhak lagi mengemudi,selama satu tahun. Bila tetap nekat, ketangkap, bakalan masuk bui.

[caption id="attachment_365054" align="aligncenter" width="370" caption="Kedapatan mengemudi dalam keadaan mabuk,polisi tidak lagi ramah/tjiptadinata effendi"]

1421598984558416711

[/caption]

Ketika terbukti lewat alat breath test pengemudi dalam pengaruh alkohol tetap mengemudi, maka Polisi tidak lagi ramah/ f.tjiptadinata effendi

Dalam hal kesalahan lalu lintas,tidak ada toleransi atau minta maaf. Hukum disini adalah untuk diterapkan. Tidak boleh mengendarai mobil selama satu tahun, bagi orang Australia,adalah sebuah malapetaka. Karena bus tidak setiap saat ada dan tidak jarang lokasi dari kediaman cukup jauh. Tidak ada angkot atau bemo disini. Sedangkan untuk naik taksi ,sudah pasti akan menguras isi kantong. Tujuan pembatalan ijin mengemudi, tentu dimaksudkan untuk memberikan efek jera kepada pengemudi lainnya, agar selalu mematuhi aturan berlalu lintas

Mungkinkah di Indonesia di terapkan breath test? Tentu saja  saya tidak bisa menjawabnya.

Semarang, 18 Januari, 2015

Tjiptadinata Effendi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline