Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Bila Berkunjung Ke Sumatera Barat

Diperbarui: 17 Juni 2015   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14238983021093741364

Bila Berkunjung  ke Sumatera Barat

Berkunjung ke Sumatera Barat, tidaklah lengkap bila tidak mengunjungibeberapa tempat di bawah ini. Sebelum landing di Bandara International Minangkabau di pinggiran kota Padang, sebaiknya kita sudah merancang tempat tempat yang akan dikunjungi selama berada di daerah Minangkabau ini. Antara lain :


  • Jembatan Sitti Nurbaya

  • Panta Padang
  • Bukittinggi
  • Jam Gadang
  • Lubang Jepang
  • Ngarai Sianok
  • Pantai Bungus
  • Teluk Bayur

Dan tentu saja ada puluhan objek wisata lainnya.

Kota Padang

Kota Padang yang di hoyak gempa bumi pada tahun 2009 , kini sudah pulih kembali seperti sediakala. Kendati secara mental ,mungkin butuh waktu yang agak panjang untuk memulihkan trauma yang mereka rasakan,akibat kehilangan orang orang yang dicintai .

Berkunjung ke Padang, tidak lengkap rasanya ,bila belum menginjakkan kaki di Jembatan Sitti Nurbaya, yangmenyadi penghubungdaratan kota Padang, yang dipisahkan oleh Sungai Batang Arau.Disini ,sambil memandangiSungai yang mengalir dikaki gunungPadang, pengunjung dapat menikmati jagung panggang khas Padang ,dengan beragam bumbu sesuai permintaan. Ada es campur atau pisang panggang, yang juga tidak akan ditemui di tempat lain.

Pada malam hari, lampu lampu lampion akan menemani Jembatan Sitti Nurbaya,yang didisain berdasarkan arsitektur Tiongkok. Sehingga sekilas,tak ubahnya bagaikan :” Hongkong at Night”.Ditambah dengan ratusan lampu ,yang terbias dari rumah rumah penduduk di Bukit Sentiong.

[caption id="attachment_368871" align="aligncenter" width="512" caption="ft.tjiptadinata Effendi/jembatan Sitti Nurbaya"]

1423898408777529881

[/caption]

JEMBATAN SITI NURBAYA

Begitu piawainya Marah Rusli merangkai kisah kasih yang tidak kalah menariknya dari kisah kasih Romeo and Juliet,lama kelamaan novel ini, seakan berubah ujud menjadi semacam legenda. Tidak sedikit anak anak muda bertanya tanya ,dimana letaknya kuburan Siti Nurbaya? Mereka mengira disana benar benar ada kuburan Siti Nurbaya.

Novel ini tidak hanya memaparkan latar sosial yang lebih transparan.  tetapi juga mengandung kritik yang tajam terhadap adat-istiadat dan tradisi kolot yang pada jaman itu berlangsung di daerah Sumatera Barat. Adat yang tak lapuak dek hujan dan tak lekang oleh panas. Novel ini agaknya merupakan karya  perdana yang  menampilkan masalah perkawinan dalam hubungan  dengan adat.

Pada tahun 1969, novel ini memperoleh hadiah penghargaan dari pemerintah Indonesia . Setelah itu bermunculanlah berbagai artikel  yang membahas novel ini , baik dalam konteks sejarah kesusastraan Indonesia modern, maupun dalam konteks persamaan hak .

Mahakarya Marah Rusli  ini bahkan pernah di terbitkan  dalam edisi bahasa Melayu,pada era tahun 60 an,di Malaysia

[caption id="attachment_368872" align="aligncenter" width="490" caption="pantai padang/tjiptadinata effendi"]

14238985611772057493

[/caption]

Pantai Padang

Kota Padang, secara geografis terletak di tepi Samudra Indonesia. Ketinggiannya hanya berkisar 6 meter dari permukaan laut.Karena itu isu tsunami ,sempat membuat warga Padang menjadi panik dan sebagian meninggalkan kota kelahirannya ,untukpindah ke Pekanbaru dan kota lainnya.

[caption id="attachment_368881" align="aligncenter" width="300" caption="pantai muara padang/tjiptadinata effendi"]

14239025981860092444

[/caption]

Untuk mencapai Pantai Padang, sangat mudah. Bisa dengankendaraan pribadi atau angkot. Bagi yang belum pernah mencoba, bisa menikmati naik bendi, kendaraan spesifik di Sumatera Barat.

Disini bisa duduk santai ,sambil menikmati rujak Padang ,yang asam manis dan pedas. Atau sambil menikmati “kripik balado” ,camilan khusus made in Padang dan terkenal di dunia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline