Lihat ke Halaman Asli

Tiyarman Restu Putra Gulo

Law dan Freelancer, 2 hal yang hampir mirip! | tiyarmangulo.blogspot.com

Apa Itu Staking Crypto?

Diperbarui: 27 September 2021   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: thecurrencyanalytics.com

Umumnya, ketika investor memulai untuk berinvestasi dalam cryptocurrency, banyak yang berpikir untuk menambang/mining crypto atau juga membelinya secara langsung di bursa crypto. 

Tapi crypto staking adalah alternatif lain yang layak bagi investor untuk mendapatkan aset di wallet mereka.

"Staking" mungkin merupakan pilihan yang relatif baru dalam transaksi keuangan. Penting bagi kalian yang tertarik dalam investasi crypto untuk memahami apa itu crypto staking, cara kerjanya, dan cryptocurrency apa yang dapat digunakan untuk mendapatkannya. 

Staking Crypto mungkin terasa seperti ilmu baru, dibanding hanya sekedar belajar bagaimana membeli Bitcoin atau bagaimana exchange crypto bekerja. 

Belajar tentang staking cryptocurrency paling tidak dapat memperluas pengetahuan Anda, membuat Anda menjadi investor yang lebih tahu mengenai dunia crypto.

Apa itu koin Staking? 

Crypto staking adalah proses mengunci kepemilikan crypto untuk mendapatkan imbalan atau bisa dibilang mendapatkan bunga dari coin yang kita beli. 

Cryptocurrency dibangun dengan teknologi blockchain, di mana transaksi crypto diverifikasi, dan data yang dihasilkan disimpan di blockchain. Staking ibarat cara lain untuk menggambarkan dan memvalidasi transaksi tersebut pada blockchain.

Tergantung pada jenis cryptocurrency yang Anda inginkan dan teknologi pendukungnya, proses validasi ini disebut "proof-of-stake" atau "proof-of-work." Masing-masing proses ini membantu jaringan crypto mencapai konsensus, yaitu konfirmasi bahwa semua transaksi menambahkan data didalamnya.

Tetapi mencapai konsensus itu membutuhkan peserta. Itulah yang disebut staking, Investor yang secara aktif memegang atau mengunci kepemilikan crypto mereka di dompet digital mereka, untuk dapat berpartisipasi dalam proses pengambilan konsensus jaringan ini. 

Stakers, pada dasarnya, menyetujui dan memverifikasi transaksi pada blockchain, kemudian jaringan memberi penghargaan kepada para investor tersebut berupa Imbalan spesifik, bergantung pada jaringan yang digunakan.

Mirip Deposito, mendapatkan bunga atas uang mereka saat berada di bank, sebagai bentuk hadiah dari bank, yang menggunakan uang itu untuk tujuan lain (pinjaman, dll.)

Bagaimana crypto staking bekerja?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline