Lihat ke Halaman Asli

Kesenjangan Sosial dalam Mengakses Pendidikan

Diperbarui: 4 Januari 2024   09:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SutraKini.com

Pendidikan merupakan peran penting dalam meningkatkan kualitas bangsa. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional . Dalam melaksanakan pendidikan tentu harus diimbangi dengan fasilitas yang mendukung dan mutu SDM Pengajar yang berkualitas untuk menunjang keefektifan proses pembelajaran sehingga dapat mengakses pendidikan dan memiliki pengetahuan yang luas dalam menempuh pendidikan.

Namun sampai sekarang tidak semua lembaga pendidikan disetiap daerah memiliki akses pendidikan yang bermutu seperti yang diharapkan. Pendidikan dengan fasilitas sarana dan prasarana serta pengajar yang bermutu paling banyak hanya berada di daerah perkotaan yang mudah diakses oleh pemerintah, dibandingkan dengan daerah pedesaan dan pelosok. Ketidakmerataan dalam mengakses pendidikan salah satunya disebabkan oleh kesenjangan sosial yang ada di masyarakat.

A. Kesenjangan sosial 

Menurut (Abdain, 2014) Kesenjangan sosial adalah suatu ketidakseimbangan sosial yang ada di lingkungan masyarakat sehingga menjadi suatu ketimpangan yang begitu mencolok. Peristiwa tersebut dapat terjadi pada negara manapun, kesenjangan sosial terjadi akibat adanya distribusi yang tidak merata. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya kesenjangan sosial:

1. letak dan kondisi geografis

Melihat dari kondisi geografis di Indonesia yang dikenal dengan negara kepulauan, menjadi tantangan yang besar untuk menyamaratakan kualitas Pendidikan antar daerah. Contohnya masyarakat yang tinggal didaerah dataran tinggi akan mengalami kesulitan dalam membangun infraskruktur daripada masyarakat yang tinggal didataran rendah. Hal ini disebabkan karena akses jalan berpengaruh terhadap proses distribusi barang yang ada di perkotaan atau dataran rendah.

2. Kebijakan pemerintah

Setiap keputusan yang diambil oleh pemerintah tidak selamanya tepat untuk kebaikan masyarakat. Seperti fokus pemerintah saat ini memberikan fasilitas dan tunjangan dana hanya untuk lembaga yang sudah memiliki akses pendidikan yang kuat dan mudah dijangkau untuk penyaluran bantuan.

3. Pengaruh Globalisasi

Bagi sebagian orang yang memiliki akses internet dan fasilitas yang memadai, mengikuti perkembangan zaman merupakan hal yang cukup mudah untuk di update. Tapi tidak untuk masyarakat yang tinggal didaerah yang minim akan teknologi dan akses jaringan. Hal ini akan memicu kesenjangan sosial antara masyarakat. Mereka akan mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan kemajuan dan kecanggihan teknologi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline