Lihat ke Halaman Asli

Opini Publik: Kenapa Harus Benci Blackpink?

Diperbarui: 23 Desember 2018   20:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selama bulan November-Desember 2018 kemarin, salah satu platform belanja online terbesar di Indonesia yaitu Shopee, mengadakan Birthday Sale dengan tajuk '12-12 Birthday Sale'. Acara sale ini diadakan dalam rangka ulang tahun Shopee sekaligus Year End Sale yang bertepatan pula dengan Hari Belanja Online Nasional atau disingkat menjadi HARBOLNAS pada bulan Desember. 

Tidak hanya Shopee, online market place lain seperti Bukalapak, Lazada, JD.ID, dan Zilingo ikut memeriahkan Harbolnas dan Year End Sale. Segala macam barang di diskon dengan harga gila-gilaan, ditambah hadiah kejutan dan door prize melalui kuis yang diadakan oleh setiap online market. 

Sedikit lebih heboh dari online market lainnya, Shopee secara khusus menggunakan idol Korea sebagai Brand Ambassador mereka. Tidak tanggung-tanggung, Idol tersebut adalah girlband bernama BlackPink, yang meskipun baru dua tahun berkarya namun video klip mereka mampu menduduki tangga lagu pertama Billboard World Digital. 

Bahkan pada perayaan ulang tahun Shopee, pihak Shopee mendatangkan BlackPink ke Indonesia untuk mengisi acara. 

Hal ini tentu saja disambut dengan gembira oleh para fans BlackPink di Indonesia. Mereka berbondong-bondong datang ke acara dengan membawa lightstick, yaitu sebuah tongkat bersinar yang biasanya dibawa apabila datang ke konser idol favorit mereka. 

Meskipun ini bukan konser BlackPink, dan BlackPink hanya tampil membawakan empat buah lagu, tapi antusiasme yang disebabkan oleh fans membuat acara ulang tahun Shopee terkesan seperti konser BlackPink.

Selepas kemegahan acara ulang tahun Shopee, publik kembali dikejutkan dengan munculnya iklan 'Road to 12-12 Birthday Sale' di televisi yang dibintangi BlackPink dan menggunakan lagu mereka yang berjudul 'Ddu du du', hanya saja liriknya diubah sesuai kepentingan Shopee. 

Iklan yang berdurasi kurang lebih 30 detik itu menampilkan BlackPink bergaya dan berjoget seperti hal nya video klip Ddu du du dan di penghujung iklan, salah satu member BlackPink yang bernama Lisa berbicara bahasa Indonesia dengan mempromosikan Shopee. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di link yang saya cantumkan ini ; "iklan shopee blackpink"

 Selama periode Birthday Sale 12-12 berlangsung, iklan ini terus menerus muncul di berbagai stasiun televisi hampir 24 jam. Saya kira, pihak Shopee cukup pintar menggunakan BlackPink sebagai Brand Ambassador mereka, mengingat beberapa tahun terakhir seluruh dunia dilanda demam Korea. 

Ketenaran BlackPink seolah memenuhi ruang gerak kita belakangan ini. Karena itu sangat wajar jika keberadaan mereka sangat dielu-elukan. Dan Shopee sebagai salah satu situs belanja online melihat peluang tersebut. 

Namun apa mau dikata, kontroversi hadir pasca penayangan iklan oleh pihak Shopee di berbagai stasiun televisi tanah air. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline