Lihat ke Halaman Asli

Tiwi Ningtyas

Mahasiswa

Machu Pichu, Situs Suci

Diperbarui: 17 Desember 2022   05:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Suku Inca merupakan sekelompok orang yang berasal dari suku indian. Peradaban suku Inca ini terletak di Amerika Serikat, terkhusus di Negara Peru pada abad 15 di pegunungan Andes. Suku inca ini terkenal dengan sebutan Tawantinsuyu atau dalam istilah Bahasa Indonesianya yakni "tanah empat penjuru". Bangsa Inca ini  merupakan salah satu negara kuno terbesar di dunia.

Meskipun suku inca sudah terjadi di masa lalu, namun penduduk suku inca juga mempelajari banyak hal salah satunya di bidang teknologi. Karena Bangsa Inca ini dikenal dengangan teknologinya yang canggih. Sehingga, dengan penduduk suku inca di masa lalu kita dapat melihat begitu banyak peningggalan dari suku inca untuk kita pelajari dan kita teliti untuk kedepannya. Nah, Salah satu peninggalan kuno dari suku inca ini ialah Situs Machu Pichu. Situs Machu pichu ini merupakan salah satu peninggalan kuno dari suku inca yang terdaftar di Situs Warisan Dunia UNESCO tahun 1983 dan terkenal dengan situs paling suci diantara situs peninggalan kuno yang lainnya keren bukan situs peradaban dari suku inca ini.

Situs Machu Pichu berasal dari Bahasa Peru yang bisa kita artikan sebagai puncak tua. Disebut puncak tua karena  Situs Machu Pichu berada di Pegunungan Andes, di lembah Urubamba, Peru. Situs Machu Pichu adalah sebuah permukiman yang didirikan oleh Kaisar Machu Pichu. Pada tahun 1450 M Kaisar Inca Pachachito membangun Machu Pichu di atas Sungai Urubamba. Kaisar Inca membangun situs Machu Pichu ini digunakan untuk tempat tinggal para kaisar maupun para bangsawan inca. Selain itu digunakan sebagai benteng pertahanan dari musuh. Daya tamping situs peradaban Machu Pichu berjumlah 1000 orang yang terus dipelihara oleh generasi Machu Pichu.

Selain digunakan sebagai tempat tinggal maupun benteng, situs Machu Pichu ini juga ada yang berpendapat digunakan sebagai tempat keagamaan. Hal ini bisa terjadi karena letak situs Machu Pichu ini terletak diatas pegunungan Andes dan dianggap suci oleh penduduk bangsa inca. Sehingga hal inilah yang membuat para arkeolog menyimpulkan bahwa situs ini digunakan sebagai tempat keagaamaan. Dan tidak heran juga jika situs Machu Pichu ini masuk situs warisan dunia yakni UNESCO sebagai situs peradaban atau peninggalan kuno.

Fungsi Machu Pichu tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal kaisar maupun para bangsawan inca, benteng pertahanan dari musuh maupun tidak hanya digunakan sebagai tempat keagaamaan saja. Namun situs Machu Pichu ini juga digunakan sebagai penjara, pusat perdagangan, tempat istirahat untuk perempuan, serta diutamakan digunakan untuk penobatan para raja. Dari begitu banyaknya fungsi yang disebutkan diatas berarti sebegitu penting dan sebeitu berpengaruh situs Machu Pichu oleh  bangsa Inca.

Begitu keren dan hebatnya suku inca ini, selain karena fungsi dari situs ini. Penduduk bangsa inca ini bisa membangun situs Machu Pichu atau kita kenal arsitekturnya suku inca ini di area yang sulit terjangkau. Di pucuk pegunungan hutan tropis, dinding-dinding benteng, teras,  dan tangga yang berbaur dengan perfect dengan keindahan alam disekitarnya. Begitu menakjubkan situs Machu Pichu. Di situs Machu Pichu bangunan yang paling dikenal ialah bangunan Intihuana, Kuil Matahari dan Ruangan Tiga Jendela. Bangunan-bangunan tersebuat dari bebatuan yang dihaluskan  dan dibuat seusia dengan tujuan masing-masing dari bangunan tersebut. Bangunan situs Machu Pichu ini sangat kokoh, sehingga bangunan ini tahan yang namanya gempa bumi. Kompleks di bangunan situs Machu Pichu ini difasilitasi juga yang namanya sistem irigasi. Sistem irigasi yang dibangun oleh penduduk suku Inca ini bukan hanya sistem irigasi biasa namun juga sistem irigasi yang cagih. Hal inilah salah satu yang membuat peradaban suku inca ini canggih di bidang teknologi.

Setelah kita mengetahui keadaan situs Machu Pichu pada masa lampau terus bagaimana sih keadaan situs Machu Pichu pada zaman sekarang ini. Nah, situs Machu Pichu pada tahun 1976 dibongkar. Kenapa situs Machu Pichu dibongkar ? situs Machu Pichu dibongkar dengan alasan untuk melihatkan kepada para wisatawan yang berkunjung ke peru bagaimana sih bentuk aslinya dari bangunan situs Machu Pichu. Semoga kita menjadi salah satu orang yang bisa menyaksikan langsung bagaimana keindahan dari situs Machu Pichu ini. Setiap tahun, beribu-ribu orang dari berbagai belahan dunia selalu berkunjung ke Negara Peru ini untuk melihat keindahan, kehebatan, kekerenan situs kuno peninggalan Suku  Inca ini, yakni situs Machu Pichu. Dengan banyaknya wisatawan yang datang dan ingin berkunjung ke situs Machu Pichu, maka dari pihak pengelola hanya menyediakan tiket 2.500 per hari. Selain dengan jumlah tiket yang hanya terbatas, pihak pengelola juga membatasi waktu berkunjung para wisatawan. Hal ini dilakukan pihak pengelola untuk menjaga dan melestarikan cagar budaya dunia.

Seperti hal yang penulis sampaikan diatas bahwasannya situs Machu Pichu di tahun 1983 masuk sebagai warisan dunia UNESCO sebagai situs keagaamaan dan 24 tahun kemudian ditahun 2004 situs Machu Pichu ini ditetepkan oleh UNESCO sebagai 7 warisan dunia. Keren bukan Situs Machu Pichu ini.

Sumber :

https://www.kompas.com/stori/read/2021/10/25/100000279/machu-picchu-situs-paling-suci-peradaban-inca?page=all#page2

https://www.google.com/amp/s/travel.tempo.co/amp/1615454/6-fakta-menarik-tentang-machu-picchu-kota-yang-hilang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline