Desa Simoketawang merupakan salah satu desa yang berada diwilayah kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur yang memiliki sumber kekayaan alam yang melimpah. Pemerintah Desa membuka sebuah wisata yang menarik, yaitu wisata Kampung Kelengkeng. Wisata Kampung Kelengkeng awal diresmikan pada tahun 2018, ketika wisata masih berproses muncul adanya pandemi COVID-19 sehingga wisata harus ditutup. Begitu juga wisata Kampung Kelengkeng, karena adanya pandemi perkembangan wisata menurun. Pada tahun 2022 adanya program MATCHING FUND yang diusulkan oleh program studi Arsitektur Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya membantu masyarakat desa Simoketawang dalam meningkatkan perkembangan wisata desa.
Dalam perkembangan wisata perlu sebuah SDM yang berkualitas, SDM yang berkualitas akan menghasilkan wisata yang memiliki nilai yang tinggi. Nah,Excellent service ( pelayanan prima) adalah sebuah pelayanan yang memiliki kualitas yang tinggi sehingga pelanggan merasakan kepuasan dalam sebuah pelayanan. Oleh karena itu service excellent (pelayanan prima) diperlukan dalam upaya meningkatkan SDM wisata Kampung Kelengekeng. Pelatihan excellent service (pelayanan prima) ini diberikan kepada masyarakat desa Simoketawang khususnya kepada POKDARWIS. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yaitu Titi Nur Utami yang di dampingi oleh Dosen pembimbing lapangan yaitu Ibu Hikmah Husniyah Farhanindya, S.Psi, M.Psi., Psikolog. Pelatihan Excellent Service ini merupakan salah satu program untuk masyarakat desa Simoketawang dalam upaya meningkatkan kualitas SDM di Desa khususnya di wisata kampung kelengkeng.
Pada kegiatan Pelatihan Excellent Service dilakukan pada hari Jum'at, tanggal 28 Oktober 2022 yang dilaksanakan di Aula Desa Simoketawang, Sidoarjo. Dalam kegiatan ini melibatkan beberapa POKDARWIS yang berjumlah 30 orang. Pada kegiatan POKDARWIS sangat berpartisipasi dan bersemangat dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Saat pelatihan, POKDARWIS diberikan paparan materi tentang excellent service oleh pemateri yang ahli dibidangnya. Selain diberikan paparan materi, POKDARWIS juga diberikan game tentang excellent service, dimana POKDARWIS dibentuk kelompok-kelompok kecil dan memilih sebuah Gambar tentang produk. Secara acak pemateri memilih salah satu POKDARWIS untuk mempraktekkan bagaimana cara mempromosikan produk dengan pelayanan yang baik sesuai dengan materi yang telah disampaikan oleh pemateri.
Luaran yang dapat dihasilkan dari kegiatan pelatihan ini yaitu berupa buku panduan Pelatihan Excellent Service bagi Pokdarwis, sehingga buku ini dapat mempermudah dalam mendalami materi-materi yang sudah diberikan ketika pelatihan. Adapun manfaat dari pelatihan ini mmasyarakat dan POKDARWIS mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru, sehingga pengetahuan dapat digunakan dalam upaya mengembangkan wisata desa. " Saya mengucapkan terimakasih, awalnya saya hanya sekedar mendengar saja tentang materi itu dan ketika saya mengikuti pelatihan ini saya menjadi mengetahui lebih detail dan saya dapat mempraktekkannya langsung, sehingga wawasan saya bertambah. Saya sekarang mengetahui cara melayani wisatawan dengan bahasa yang baik dan menarik" ucap Amala anggota POKDARWIS desa Simoketawang (28/10/2022).
Oleh peserta KKN: Titi Nur Utami
Dosen Pembimbing Lapangan: Hikmah Husniyah Farhanindya, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog
Mitra; Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), Desa Simketawang, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H