Lihat ke Halaman Asli

Titry Frilyani

travel enthusiast

Empuknya Daging Soto Padang H St Mangkuto nan Legendaris

Diperbarui: 20 November 2022   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Masakan Padang merupakan makanan yang bisa kita temukan di hampir semua daerah di Indonesia. Mulai dari gulai ayam, ayam pop, tunjang, kikil, paru hingga soto padang yang merupakan favorit saya.

Berbicara mengenai soto padang, satu restoran legendaris yang populer dan jadi favorit di Jakarta adalah Soto Padang H. St Mangkuto yang terletak di kawasan Pasar Baru, tepatnya di Jalan Pintu Air, tak jauh dari stasiun kereta Juanda.
Disebut legendaris karena soto ini sudah dibuka di Jakarta sejak tahun 1966, dimana sebelumnya dibuka di kota Padang sejak tahun 1942.


Restoran ini hanya memiliki 3 menu, yaitu soto padang, sate padang dan juga nasi goreng rendang. Soto padang yang disajikan berisi soun, perkedel, seledri dan bawang goreng, dan tentu saja daging sapi yang renyah dilengkapi kerupuk merah. Terbukti, tidak ada daging sapi yang tersisa di mangkuk saya karena liat ataupun terlalu keras.  Begitu menggiurkan karena berkuah kaldu sapi tanpa santan. Tak ketinggalan, sambal merah yang diracik bumbu spesial melengkapi kelezatan soto padang ini.

Dok. Pribadi

Selain soto padang, kita juga bisa menikmati sate padang dengan kuah khas Padang Panjang. Bisa dilihat dari ciri khas warna kuahnya yang kuning kecoklatan. Untuk sate padang, bisa dipilih daging ataupun lidah.


Satu menu lagi yang tersedia disini adalah nasi goreng rendang. Sesuai dengan namanya, nasi goreng ini dilengkapi daging rendang, telur dan juga kerupuk. Daging rendangnya tentu saja empuk. Ketiga menu di atas memiliki harga sekitar 40 ribuan.

Untuk minuman, berbagai jus tersedia mulai dari es jeruk hingga terong belanda, juga timun. Selain itu ada juga kopi hitam, kopi telor hingga lidah buaya. Untuk yang kangen cemilan khas Sumatera Barat, terdapat berbagai macam kudapan khas Sumatera Barat termasuk diantara keripik sanjay, dakka dakka, karakaliang, dan banyak lagi.

Meskipun hanya memiliki 3 menu, restoran yang buka sejak pukul 9 pagi hingga 10 malam ini tak pernah sepi. Apalagi di jam makan siang. Sekarang ini, Soto Padang Mangkuto sudah membuka cabangnya di Kebayoran Baru dan Kelapa Gading.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline