Lihat ke Halaman Asli

KKNT LLDIKTI IV Wilayah Banten Desa Kertamukti Gelar Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka

Diperbarui: 31 Agustus 2023   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKNT LLDIKTI IV Desa Kertamukti menggelar sosialisasi implementasi kurikulum merdeka dan peningkatan kualitas belajar mengajar bertempat di PKBM Giri Mukti pada Rabu, 30 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh bapak/ibu guru SD,MA dan Paud dari 4 Sekolah, yaitu SDN  Kertamukti 1, SDN Kertamukti 2, Mts dan MA Darul Afkar, dan TK Al-Islah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan bapak/ibu guru terkait kurikulum merdeka.Sosialisasi kurikulum merdeka ini di narasumberi oleh bapak Dr.H.Yuliana Aristian M.Pd dan ibu Pepi Mulyani, M.Pd yang di pandu oleh mahasiswa KKNT yaitu Cahya Dewi dan Jamilah "Kurikulum merdeka merupakan hal penunjang pengetahuan guru di sekitar Desa Kertamukti. Setiap guru di masa sekarang perlu memahami ketetapan kurikulum baru yang telah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Bapak Nadiem Makarim yakni “Kurikulum Merdeka”. ujar bapak Dr. H. Yuliana Aristian, M.Pd.

Sistem pembelajaran pada kurikulum merdeka cenderung memanfaatkan teknologi di era 5.0 yang dapat membawa perubahan besar dalam dunia pembelajaran. Berbagai aplikasi sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru masa kini, seperti aplikasi quiziz yang berguna untuk memberikan latihan soal dalam bentuk pilihan ganda dan tes lainnya.

"Media pembelajaran yang unik dan menarik juga menjadi salah satu faktor yang difokuskan pada sistem kurikulum merdeka. tiap sistem pembelajaran baru yang telah ditetapkan pemerintah memiliki alasan yang berguna sebagai penunjang dunia pendidikan". ujar ibu Pepi Mulyani, M.Pd.

Dengan adanya sosialisasi terkait kurikulum merdeka ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di Desa Kertamukti, Diharapkan kedepannya para guru dan tenaga pendidik semakin siap dalam mengimplementasikan semangat belajar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline