Lihat ke Halaman Asli

Aktualisasikan Diri Sesuai Potensimu

Diperbarui: 2 November 2015   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

“mahluk paling membingungkan didunia adalah manusia , kenapa ? karena mereka menghancurkan badan mereka untuk pekerjaan dan membetulkan badan mereka denga hasilnya , mereka itu hidup tetapi sebenarnya tidak “ .                                                              

~annonymus

Dari petikan kata mutiara diatas kita harus merenung , apakah seluruh pekerjaan atau bahkan aktifitas yang kita lakukan sudah kita laksanakan dengan rasa keikhlasan ? atau kita hanya mengharapkan iming-imingan hasil yang menggiurkan , dan bagaimana jika pekerjaan yang kita laksanakan dengan tidak bahagia itu dapat menghancurkan diri kita sendiri ? . Lalu bagaimana caranya agar pekerjaan itu dapat menjadi tempat yang nyaman untukk kita ? . Pertama, hal yang  harus dilakukan adalah mengaktualisasi diri kita terlebih dahulu .

Sebelumnya apakah kalian mengerti apa yang dimaksud dengan aktualisai diri ? . Aktualisasi dapat didefinisikan sebagai perkembangan paling tinggi yang disertai penggunaan semua bakat, pemenuhan semua kualitas dan juga kapasitas seseorang. Maka dapat disimpulkan bahwa aktualisasi diri merupakan kemampuan atau skill seorang individu yang lebih dari pada individu lain. Sekarang coba kita bayangkan , pada masa ini semua orang dituntut bekerja dengan hasil yang begitu menggiurkan , tetapi tidak sedikit pula dari mereka yang tidak dapat menikmati pekerjaan mereka. Nah , cara yang paling ampuh bekerja dalam keadaan nyaman tanpa beban adalah dengan mengenali potensi diri kita masing-masing dan mengaktualisasikannya kedalam aktifitas atau dunia kerja.

Kita tidak perlu banyak berpikir , apakah bakat ku itu ? , atau apa potensi yang kumiliki yang dapat melebihi orang lain ? . Cara tercepat untuk mengetahui itu semua dengan cara , mencari tahu apa kegemaran kita atau aktifitas yang membuat kita nyaman . Sebagai contoh , saya sebagai penulis sangat menyenangi pelajaran bahasa inggris , saya sangat bersemangat jika sedang dalam pelajaran tersebut, tetapi berbanding terbalik dengan pelajaran lain seperti fisika kimia bahkan matematika. Tetapi ,  itu bukanlah masalah yang besar . Intinya adalah MENCARI AKTIFITAS YANG SESUAI POTENSI DIRI KITA DAN KITA LAKSANAKAN DALAM AKTIFITAS MAUPUN DUNIA KERJA.

Seperti kata orang tua jaman dahulu , “jika kalian mengerjakan pekerjaan atau aktifitas apapun yang dapat membuat kita nyaman maka kerjakanlah dan akhirnya anda akan menjadi luar biasa , tetapi jika anda mengerjakan sesuatu hal yang tidak kalian senangi tetapi anda mengerjaknnya dengan sungguh-sungguh maka anda hanya akan menjadi orang yang biasa saja “ .

Hal yang paling sulit bagi pelajar saat ini adalah  membuat orang tua kita yakin akan potensi yang kita miliki , karena saat ini banyak orang tau yang menuntut anaknya untuk menjadi yang mereka inginkan tanpa megetahui bakat si anak . Hal seperti itu hanya akan menyebabkan kejadian-kejadian (stress dan tertekan dalam pekerjaan ) seperti dahulu terulang dan terulang terus menerus .

Sebenarnya hal tersebut dapat diatasi dengan meyakinkan orang tua kita tentang potensi , bakat dan minat yang kita miliki sehingga kedepannya mengaktualisasi diri dengan potensi kita tidak hanya menjadi sebatas tulisan ilmiah ataupun wacana wacana belaka. Dan kemudian kita dapat bekerja dengan nyaman tanpa beban apapun dalam melaksanakan pekerjaan kita , sehingga sangat berdampak besar dalam pembuatan sumber daya manusia yang berkualitas dan berguna bagi nusa bangsa dan agama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline