Lihat ke Halaman Asli

Titin Surtini

Mahasiswa Sosiologi UIN Walisongo

Perubahan Gaya Hidup pada Masyarakat

Diperbarui: 5 Mei 2020   06:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Perubahan merupakan gejala yang melekat di setiap masyarakat. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat dapat menimbulkan ketidaksesuaian antara unsur-unsur sosial yang ada di dalam masyarakat sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak sesuai fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan.

Suatu masyarakat yang telah mencapai peradaban tertentu berarti telah mengalami evolusi kebudayaan yang lama dan bermakna sampai tahap tertentu yang diakui tingkat Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan unsur budaya lainnya. 

Dengan demikian, masyarakat telah mengalami proses perubahan sosial yang berarti sehingga taraf kehidupannya semakin kompleks. Proses tersebut tidak lepas dari berbagai perkembangan, perubahan, dan pertumbuhan yang meliputi aspek-aspek demografi, ekonomi, organisasi, politik, Iptek, dan lainnya. 

Pada hakikatnya perubahan segala aspek kehidupan, tidak hanya dialami, dihayati, dan dirasakan oleh anggota masyarakat, melainkan telah diakui serta didukungnya. 

Jika proses yang demikian telah terjadi, dapat dikatakan bahwa masyarakat tersebut telah mengalami "perubahan sosial", yaitu perubahan struktur, organisasi, gaya hidup dan hubungan atau tatanan sosial. (Dr. Paisol Burlian 2016)

Perubahan gaya hidup pada masyarakat saat ini sangat terlihat jelas. Gaya hidup secara luas sebagai cara hidup yang diidentifikasi oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka (aktivitas) apa yang mereka anggap penting dalam lingkungannya (ketertarikan) apa dan apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri dan dunia sekitarnya. Gaya hidup mempengaruhi perilaku seseorang dan menunjukkan bagaimana orang hidup.

Perubahan gaya hidup pada masyarakat berkaitan erat dengan perkembangan zaman serta teknologi karena zaman dan teknologi yang semakin berkembang dan canggih akan menciptakan perkembangan dan penerapan gaya hidup seperti gaya berpakaian, gaya berbahasa, gaya berbicara, maupun gaya hidup yang konsumtif dalam kehidupan sehari-hari. 

Gaya hidup seseorang tidak hanya ditentukan dari pribadi masing-masing, tetapi juga ditentukan oleh lingkungan tempat tinggal. Gaya hidup mencerminkan keseluruhan pribadi yang berinteraksi dengan lingkungan.

 Gaya hidup dapat dikatakan sebagai pola hidup seseorang yang dinyatakan dalam kegiatan, minat dan pendapatnya dalam membelanjakkan uangnya dan cara mengalokasikan waktu. Seperti pola konsumtif yang terjadi pada masyarakat. (Novitasani 2014)

Menurut Chaney gaya hidup merupakan pola-pola tindakan yang membedakan satu orang dengan yang lainnya (Bagong 2013). Gaya hidup berbeda dengan cara hidup. 

Cara hidup ditampilkan dengan ciri-ciri seperti ritual, adat, norma maupun pola tatanan sosial. Sedangkan gaya hidup digambarkan melalui apa yang dikenakan seseorang, apa yang dikonsumsi serta bagaimana seseorang tersebut bersikap dan berhadapan dengan orang lain. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline