Lihat ke Halaman Asli

Titin Sumarni

Belajar dan Berbagi

Koneksi Antar Materi Modul 2.1

Diperbarui: 21 April 2022   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

A.     Kesimpulan Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid dengan memperhatikan kesiapan belajar, minat dan profil belajar murid.

Ada 3 strategi dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, yaitu:

1.     Diferensiasi konten

Diferensiasi konten berkaitan dengan materi ajar yang disampaikan kepada murid, media konret dan abstrak, memastikan murid dapat mengakses materi sesuai gaya belajarnya. 

          2.     Diferensiasi proses

Diferensiasi proses berkaitan dengan pemahaman murid memaknai materi yang dipelajari, dengan cara: kegiatan berjenjang, pertanyaan pemandu atau tantangan, membuat agenda individual, memvariasikan lama waktu, mengembangkan kegiatan bervariasi, menggunakan pengelompokkan yang fleksible.

3.     Diferensiasi produk

Diferensiasi produk berkaitan dengan bagaimana murid menunjukkan apa yang telah ia pelajari. 

B. Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang Optimal?

  • Guru memetakan kebutuhan murid berdasarkan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar murid
  • Guru menyusun RPP berdiferensiasi berdasarkan pemetaan kebutuhan belajar murid dengan 3 strategi difrensiasi, konten, proses, dan produk

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline