Lihat ke Halaman Asli

Titin Sumarni

Belajar dan Berbagi

“Sudahkan Anda Bertanya dengan Efektif?”

Diperbarui: 18 Juni 2015   01:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dalam kegiatan pembelajaran, bertanya merupakan satu kegiatan yang sangat penting, ibaratnya tanpa bertanya kegiatan pembelajaran terasa hambar. Namun tidak setiap pertanyaan menjadi penting, ada pertanyaan yang ketika diberikan malah menjadi percuma. Hal ini dikarenakan pertanyaan yang diajukan tidak memiliki tujuan yang jelas.Pertanyaan dikatakan efektif apabila memiliki tujuan dalam bertanya, salah satunya adalah agar siswa mengembangkan ketrampilan berpikir kritis dan sikap inkuiri.

Dari beberapa karakteristik pertanyaan efektif, pertanyaan yang bersifat atau yang mengarah ke open-ended yang kemungkinan besar dapat membelajarkan siswa secara maksimal. Karena dengan pertanyaan open- ended siswa dituntut untuk berpikir tingkat tinggi, dengan sifat jawaban dan proses mengerjakan yang beragam. Dalam hal ini siswa harus benar-benar memahami pertanyaan dan kreatif dalam mencari proses mengerjakan.

Pertanyaan-pertanyaan yang kurang efektif, misalnya

Pertanyaan

Alasan

Apakah kalian ingat rumus Luas segitiga?

Jawabannya hanya Ya dan Tidak. Biasanya dijawab Koor oleh siswa.

Luas segitiga adalah setengah kali alas kali....

Siswa sudah diarahkan pada jawaban

Setelah mengikuti kegiatan DOL 2014, ada beberapa hal yang perlu saya perbaiki dalam pembelajaran, khususnya dalam bertanya. Dalam pembelajaran, saya akan berusaha untuk memberikan pertanyaan efektif dan diusahakan ada pertanyaan open ended untuk siswa.

Selama kegiatan DOL 2014, banyak hal-hal yang menarik dari forum diskusi, diantaranya:

1.Bertambah teman, tambah ilmu. Dengan forum diskusi, banyak hal yang tidak diketahui sebelumnya menjadi lebih memahami. Teman-teman peserta DOL ternyata sangat jeli dan cerdas dalam mengamati dan memahami materi, terutama ketika di forum diskusi Pengamatan Video. Saya mendapat banyak ilmu dalam Kurikulum 2013, bertanya efektif, Matematika Berbobot dan tentang ELPSA yang tadinya membuat saya bertanya-tanya.

2.Bertambah teman, bertambah semangat. Kadang-kadang saya merasa minder dengan pengetahuan yang saya miliki, namun dengan forum diskusi saya bisa lebih percaya diri, karena banyak saran/masukan dari teman-teman.

3.Lebih termotivasi untuk menjadi guru yang meginspirasi siswa.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline