Lihat ke Halaman Asli

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Sekolah Penggerak TK Islam Widya Cendekia

Diperbarui: 5 Oktober 2023   08:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sentra main peran - dok. pribadi

Sentra Balok - dok. pribadi

Sentra Persiapan - dok. pribadi

Menurut Munawar (2022) mengatakan bahwa struktur kurikulum Merdeka PAUD terdiri dari pembelajaran intrakulikuler dan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Dan untuk mendukung kesuksesan merdeka belajar TK Islam Widya Cendekia terlebih dahulu menerapkan penguatan P5 (proyek pengembangan profil pelajar Pancasila) sebelum pendekatan sentra sebagai kegiatan merdeka belajar. 

Yang dimaksud dengan penguatan P5 adalah aktivitas bermain bermakna yang diharapkan dapat memberikan dampak pengembangan karakter dan berbagai kompetensi anak. Ketika bermain, anak berkesempatan belajar melalui pengalaman langsung (hands on experience). Anak-anak mengalami sendiri bagaimana memecahkan masalah, mencoba hal baru, bertoleransi, bekerjasama, saling berbagi, membuat kesepakatan, dan lain-lain yang mengintegrasikan kompetensi esensial dari berbagi disiplin ilmu. 

Pembelajaran intrakulikuler adalah bagaimana seorang guru dapat menciptakan bermain bermakna bagi anak sebagai perwujudan Merdeka belajar sekaligus Merdeka bermain. Sehingga, kegiatan yang dipilih juga harus memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak kegiatan pembelajaran intrakulikuler yang ada di TK Islam Widya Cendekia dalam waktu satu semester 2023 dengan topik dan sub topik sebagai berikut

1.Topik Diriku 

-Aku senang bersekolah 

-Identitas 

-Anggota Tubuh 

2.Negaraku    

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline