Lihat ke Halaman Asli

Titin Dwi Handayani

Guru Kelas di SD Negeri Banjaragung 04

Pengenalan Konsep Bangun Ruang Menggunakan Batang Lidi

Diperbarui: 18 Januari 2023   11:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pada semester dua kelas 5 sekolah dasar, Pada bab satu muatan pelajaran matematika materi yang harus dikuasai siswa yaitu mengenai bangun ruang. Pada materi tersebut yang diharapkan siswa dapat menentukan volume bangun ruang, dan menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan volume bangun ruang.

Sebelum mempelajari mengenai volume bangun ruang, penulis selaku guru ingin menerapkan konsep yang matang terlebih dahulu mengenai bentuk dan ciri-ciri bangun ruang pada peserta didik. Bangun ruang memiliki bentuk dan sifat yang berbeda-beda. Agar pembelajaran dapat diterima dengan baik, penulis berusaha memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan melibatkan sensor motorik peserta didik.

Pembelajaran kontekstual yang melibatkan aktivitas, kreativitas dan bersifat efektif serta menyenangkan perlu diterapkan untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik. Dengan bermodalkan batang lidi dan plastisin siswa diajak untuk membuat kerangka bangun ruang. 

Beberapa bangun ruang yang dapat dibuat kerangkanya yaitu balok, kubus, prisma segitiga, dan limas segi empat. Dengan membuat kerangka penulis sebagi guru dapat lebih mudah dalam menyampaikan materi pelajaran dan peseta didik dapat mengklasifikasikan bagian mana yang merupakan sisi, rusuk, diagonal ruang, diagonal sisi, dan diagonal bidang. 

Diharapkan pembelajaran tersebut bermakna bagi peserta didik dan dapat meningkatkan pemahaman mengenai konsep bangun ruang. Semoga pembelajaran tersebut dapat menginspirasi rekan-rekan guru sekalian, terimakasih.

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline