Lihat ke Halaman Asli

KD.3 (S.Musik) "Harmoni, Struktur & Ekspresi"

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

HARMONI atau ilmu harmoni dapat di artikan sebagai ilmu untuk menyusun dan menyambung akor. Akor-akor yang disusun secara urut sesuai aturan harmoni akan dapat menimbulkan keindahan serta dapat digunakan untuk menyelenggarakan musik instrumental maupun mengiringi lagu.  Akor biasanya terdiri dari tiga nada , akor ini disebut akor trinada ( triad ). Cara mendirikan akor adalah mengambil nada alas , kemudian terts dan kwint. Perkembangan akor trinada dapat divariasikan misalnya dengan membalik urutan nada yang disebut akor balikan atau inversi. Nama-nama akor menurut tingkatannya adalah :


  1. Akor tingkat I ( akor Tonika )
  2. Akor tingkat II ( akor Super tonika )
  3. Akor tingkat III ( akor Median )
  4. Akor tingkat IV ( akor Sub Median )
  5. Akor tingkat V ( akor dominan )
  6. Akor tingkat VI ( akor Sub dominan )
  7. Akor tingkat VII ( akor Leadning tone


Pengelompokkan akor :


  • Akor Primer : tonika  , sub dominan , dominan
  • Akor sekunder : median , super tonika , sub median
  • Akor Janggal : septim , vorhalt


Kadens adalah gerak akor mengakhiri lagu . Macam -macam kadens antara lain : otentik , tak sempurna , sub dominan , plagal , dan sempurna. Sajian musik atau tekstur dapat berujud : inisono , homofoni , polifoni , kannon , dan diskan.

Modulasi adalah perpindahan nada dasar lagu . Modulasi dapat ke tingkat IV ,V mayor atau minor senama.

Transposisi adalah penyesuaian lagu . meliputi not musik ke not angka , not angka ke not musik , not musik ke not musik sama kunci , not musik ke not musik lain kunci .

STRUKTUR LAGU DAN EKSPRESI

Struktur lagu terdiri dari not , motif rase dan kalimat musik . Frase dan kalimat  musik terdiri dari dua bagian yang saling melengkapi , yaitu anteseden dan konsekuen . Frase sebagai temapt mengambil nafas atau mencuri tanpa menghilangkan makna lagu.. Sering terjadi motif , frase atau kalimat musik saling berhubungan dalam bentuk repetisi , variasi , kontras , dan sekuen . . Benruk lagu terdiri dari lagu tunggal , biner dan ternair.

Ekspresi adalah ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup seluruh nuansa tempo , dinamik , warna nada dari unsur musik dalam pengelompokkan frase yang diwujudkan oleh penyanyi .Tempo dibagi menjadi tiga kelompok , yaitu : lambat , sedang , cepat . Dinamik adalah tanda untuk menyatakan tingkat volume suara atau keras lunaknya serta perubahan keras lunaknya . Warna nada dapat ditinjau dari alat musik ( suara manusia , alat musik berdawai , tiup logam , kayu , perkusi , dan keyboard ) dan cara memproduksi nada ( legato , stacato , vibrato , dan sebagainya ) .

Jangan berhenti untuk belajar seni musik . . . . .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline