Lihat ke Halaman Asli

Titin Kustini

dosen/ prodi pendidikan bahasa inggris/universitas majalengka

Tentang Batasan Usia di Beasiswa

Diperbarui: 9 Agustus 2023   15:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Para pemburu beasiswa, datang dari berbagai kalangan dan usia. Para pemburu beasiswa tak melulu kaum muda tetapi yang sudah berumur pun tak kalah banyak. Nah, bagi golongan yang terakhir ini, masalah usia kerap menjadi batu sandungan dalam mendaftar. Mereka tak seleluasa kaum muda untuk berharap beroleh beasiswa.

LPDP sebagai beasiswa prestisius dari Kemenkeu, pun, sudah menutup pintu bagi scholarship hunter yang tak lagi muda. Pasalnya, perhitungan batas usia maksimal pendaftar beasiswa LPDP sebagai contoh pendaftar program reguler untuk jenjang magister harus berusia maksimal 35 tahun dan maksimal 40 tahun untuk pelamar progra doktor. Padahal banyak yang berusia di atas 40 tahun yang masih berminat untuk melanjutkan studi tapi terkendala biaya.

Beasiswa Pendidikan Indonesia sebagai perpanjangan / perluasan program LPDP hadir memberi secercah harapan. Pasalnya, rentang batas usia sedikit di atas LPDP. Ketentuan di BPI, PNS yang memohon beasiswa magister, berusia tidak lebih dari 37 tahun. Lalu, tidak lebih dari 42 tahun untuk permohonan beasiswa jenjang pendidikan doktor. Untuk PNS dengan jabatan fungsional sebagai Peneliti/Perekayasa/Medis/Paramedis/Pendidik harus berusia tidak lebih dari 42 tahun untuk jenjang pendidikan magister. Juga tidak lebih dari 47 tahun untuk jenjang pendidikan doktor.

Beasiswa khusus untuk Prajurit TNI atau anggota POLRI mengharuskan calon penerimanya paling tinggi berusia 40 tahun untuk jenjang pendidikan magister. Untuk jenjang doktor, paling tinggi berusia 45 tahun.

Dalam buku panduan BPI Kemendikbudristek tahun 2022 disebutkan, bagi pendaftar beasiswa jenjang S2 dan S3, usia maksimal pendaftar adalah memiliki masa kerja paling sedikit 3 (tiga) kali waktu normatif program studi pada jenjang S2 dan S3 sebelum batas usia pensiun jabatan.

Dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan lantas diturunkan melalui Permenristekdikti Nomor 26 Tahun 2015 dan diubah melalui Permenristekdikti Nomor 2 Tahun 2016 disebutkan, bahwa dosen yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), dan bukan profesor, akan pensiun dalam usia 65 tahun.

Bila diasumsikan masa pendidikan normal jenjang doktoral itu 4 tahun, maka bila seorang dosen pemilik magister atau S2 hendak melanjutkan ke jenjang doktoral atau S3, batas usia maksimalnya adalah 65 dikurangi 12 atau 3 kali masa studi doktoral, yakni 53 tahun. Sedangkan untuk jenjang pendidikan S2 yang normatifnya 2 tahun, maka maksimal usia untuk mendaftar beasiswa jenjang S2 adalah 65 dikurangi 3 kali masa studi S2, yakni 59 tahun.

Pada launching BPI 2023, disebutkan batas usia untuk magister 47 tahun dan doktor 43 tahun. Alasannya untuk memperbanyak kuota S2, merangsang minat guru-guru yang masih banyak S1 untuk lanjut ke S2. Belakangan untuk S3 diperluas lagi menjadi 48 tahun.

Sebetulnya, pembatasan usia di program beasiswa khususnya LPDP dan BPI bisa dipahami demi alasan efektifitas program di mana alumni awardee "dituntut" untuk memberi timbal balik jasa berbakti untuk negeri.

Namun, sayangnya, hal ini dibaca sebagai kartu "mati" bagi para pemburu beasiswa di atas batas usia. Di satu sisi mereka masih sangat berkeinginan untuk lanjut studi, di sisi lain mereka juga banyak yang terkendala finansial sehingga menginginkan kesempatan yang sama untuk beroleh beasiswa.

Solusi lain, mereka melirik beasiswa luar negeri yang banyak tidak mematok batas usia. Namun dengan konsekuensi harus benar-benar mengutamakan kompetensi. Setidaknya, kalau saja beasiswa dalam negeri masih membuka pintu, tentu peluangnya akan sedikit lebih besar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline