BERMAIN MUSIK REBANA DAN BERNYANYI MENCIPTAKAN NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI
Pendidikan karakter di Taman Kanak-Kanak perlu secara sadar dirancang dan dikelola sedemikian rupa, sehingga dalam proses pembelajarannya terjadi pula proses pembentukan sikap dan perilaku yang baik.
Dalam menjalankan pendidikan karakter terdapat tiga elemen penting untuk diperhatikan yaitu, prinsip, proses dan praktiknya dalam pembelajaran.
Dalam menjalankan pendidikan karakter terdapat tiga elemen penting untuk diperhatikan yaitu prinsip, proses dan praktiknya dalam pembelajaran. Dalam menjalankan prinsip itu nilai-nilai yang diajarkan harus termanifestasikan dalam kurikulum, sehingga semua siswa faham benar tentang nilai-nilai tersebut dan mampu menerjemahkannya dalam perilaku nyata.
Menyanyi merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan di Taman Kanak-Kanak. Menyanyi dan bermain merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan di Taman Kanak-Kanak. Setiap hari siswa di Taman Kanak-kanak selalu ada Kegiatan menyanyi dan bermain.
Kedua Kegiatan ini sesuai dengan konsep edutaiment pembelajaran yaitu upaya menemukan titik kesamaan dunia edukasi dan hiburan khususnya pada jenjang Taman Kanak-kanak (TK).
Konsep Edutainment dalam Pembelajaran adalah sebuah konsep yang dipergunakan dalam dunia pendidikan yang sangat sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini, yakni bermain sambil belajar.
Menurut Syamsuri Jari ada 3 alasan yang kuat pengembangan dan optimalisasi nilai-nilai edutainment berbasis musik, antara lain :
a. Suara musik bisa menembus dinding rumah dan hati manusia
b. Penggemar msik lebih banyak bila dibandingkan dengan cabang-cabang kesenian yang lainnya.