Lihat ke Halaman Asli

Guru Melek IT (DOGMIT) Mendorong Guru Indonesia Menggunakan IT dalam Pembelajaran

Diperbarui: 29 November 2016   01:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Saat ini saya sedang mengikuti diklat online guru melek IT (DOGMIT) angkatan ke-15 yang dilaksanakan dari tanggal 25 November samapi 4 Desember 2016 secara online penuh. Materi pada diklat ini : 1) Mengontrol perilaku (sikap) siswa di sekolah dengan teknologi (berbasis andrid), yang tergabung dengan orangtua dan guru secara online 2) Absensi kehadiran siswa secara digital 3) Randomizer For Class (Merandom nama siswa dan membuat kelompok siswa dengan teknologi). Materi baru bagi saya dan akan sangat membantu dalam saya melaksanakan pembelajaran. 

Kegiatan ini adalah keikutsertaan saya yang kedua kalinya mengikuti DOGMIT, sebelum ini saya mengikuti DOGMIT angkatan ke-5 yang mempelajari membuat media pembelajaran interaktif dengan power point. Pengalaman yang menyenangkan karena saya bisa belajar ilmu yang bermanfaat untuk menunjang dalam saya melaksanakan tugas dan fungsi saya sebagai guru yang sudah saya terapkan dalam membuat presentasi mengajar sehingga presentasi power point lebih menarik dan  tidak monoton. Pengalaman ini juga membantu saya dalam membuat bahan presentasi saya dalam mengikuti kegiatan seminar nasional dan lomba-lomba guru.

Alasan saya mengikuti Dogmit lagi karena saya tertarik dengan materinya yang sesuai dengan kebutuhan guru dan sistim diklat yang dilaksankan oleh DOGMIT sangat profesional sehingga peserta dapat menyerap ilmu dengan mudah karena tersedia petunjuk, handout, vidio tutorial yang memberikan petunjuk secara detail. sistem yang dapat diakses online selama 24 jam sehingga peserta dapat mengikuti diklat dengan menyesuaikan dengan waktu masing-masing. Bimbingan secara online melalui forum diskusi dengan mentor dan peserta juga disediakan dalam diklat ini. DOGMIT adalah diklat yang diselenggarakan dengan sangat profesional. Materi, instrumen, penilaian, handout, vidio, forum semua terkesan sudah dipersiapkan secara matang. 

Dogmit mendorong guru Indonesia menggunakan IT dalam pembelajaran. Baik dalam pembuatan media pembelajaran maupun dalam mengontrol sikap perilaku siswa, mengabsen dan membuat kelompok dengan menggunakan teknologi. Maka sesuai dengan nama diklat yang diberikan oleh mentor, pengelola sekaligus pemilik diklat ini yaitu diklat online guru melek IT maka melalui diklat ini guru Indonesia dibuat mengenal dan menggunakan Teknologi Informasi. Melek adalah sebuah kata dari bahasa jawa yang berarti melihat, dengan melihat orang akan tahu atau memahami, sehingga diklat online guru melek IT adalah diklat yang membuat guru-guru melihat dan memahami dan menggunakan teknologi informasi. B




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline