Lihat ke Halaman Asli

Titian Agatha

Mahasiswa

Mahasiswa KKN UNNES GIAT 2 Turut Meriahkan Acara Peringatan HUT ke-77 RI Desa Tegalsari Barat

Diperbarui: 8 September 2022   15:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karnaval Desa Tegalsari Barat (Dokumentasi Pribadi)

TEGALSARI BARAT - Minggu (21/8/2022), mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) melalui program UNNES GIAT 2 yang dirancang oleh Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata, LPPM UNNES turut membantu dan memeriahkan serangkaian acara dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT RI ke-77 di Desa Tegalsari Barat, Kecamatan Ampelgading, Pemalang. Rangkaian peringatan HUT RI kali ini diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Tegalsari Barat yang terdiri dari 3 dusun yakni, Dusun Tegalsari, Sumurmunding dan Mangunsari.

Acara peringatan HUT RI dimulai dengan pelaksanaan karnaval yang berlangsung dari pukul 08:00 WIB. Karnaval kali ini, merupakan karnaval yang dimeriahkan pertama kali setelah beberapa tahun terakhir berbagai aktivitas dibatasi guna mencegah penyebaran virus selama Pandemi COVID-19.

Titik keberangkatan karnaval dimulai dari PAUD Sumursari dan berakhir pada tempat yang sama dimana terletak panggung utama tempat berlangsungnya seluruh rangkaian kegiatan lainnya. Karnaval ini diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Tegalsari Barat. Mulai dari tingkat PAUD, TK, SD/MI, hingga masyarakat umum tak terkecuali mahasiswa KKN UNNES GIAT 2 yang turut memeriahkan karnaval. 

Karnaval Desa Tegalsari Barat (Dokumentasi Pribadi)

Karnaval Desa Tegalsari Barat (Dokumentasi Pribadi)

Masyarakat terlihat sangat antusias dalam memeriahkan karnaval dengan berbagai riasan maupun atribut yang beragam seperti pakaian adat, tokoh pahlawan, profesi, hingga kreasi properti kreatif, seperti membuat banteng yang terbuat dari bahan daur ulang lainnya. Kirab karnaval berlangsung di sepanjang dusun Sumurmunding dan diiringi berbagai kesenian daerah yang membangkitkan rasa semangat serta antusias para warga.

Pengundian Doorprize (Dokumentasi Pribadi)

Perayaan kegiatan hari besar nasional tersebut tak hanya dimeriahkan dengan kegiatan karnaval. Pengundian doorprize serta pembagian hadiah juga turut dilaksanakan. Masyarakat Desa Tegalsari Barat tetap terlihat antusias terlebih dengan adanya berbagai hadiah yang diundi seperti payung, karpet, perabotan rumah tangga dan hadiah menarik lainnya. Pada sore hari juga dilaksanakan pentas seni anak-anak Desa Tegalsari Barat yang terdiri dari para siswa-siswi PAUD, TK hingga SD/MI.

Kemeriahan acara terus berlanjut hingga malam hari dimana Puncak Perayaan berlangsung dengan pembagian hadiah para juara lomba 17'an dan acara hiburan. Mahasiswa KKN UNNES GIAT 2 Tegalsari Barat turut berkoordinasi dan berpartisipasi dalam seluruh rangkaian acara peringatan Kemerdekaan yang diselenggarakan di Desa Tegalsari Barat, seperti turut memberikan serangkaian hadiah kepada para pemenang. Semarak acara kemerdekaan ditutup dengan acara hiburan yang dimeriahkan oleh berbagai penampilan dan warga yang turut meramaikan.

Pembagian Hadiah Lomba 17'an (Dokumentasi Pribadi)

Dengan mengusung tema “Bersama UNNES GIAT, membangun Indonesia dari Desa”, pelaksanaan peringatan HUT RI ke-77 yang diselenggarakan di Desa Tegalsari Barat yang turut dimeriahkan oleh Mahasiswa UNNES GIAT 2 kali ini dapat memberi dampak positif pada masyarakat desa serta mempererat silaturahmi dengan harapan perayaan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya tanpa hambatan apapun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline