Lihat ke Halaman Asli

Titha Lyziana Nirmala

Fresh Graduate of International Relations

GERD si "Teman Akrab" Mahasiswa

Diperbarui: 4 November 2023   12:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD adalah kondisi ketika cairan asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini menimbulkan beragam sensasi seperti sensasi panas di dada (heartburn), mudah kenyang, lebih sering bersendawa, mual dan muntah.

Penyakit ini seringkali dianggap remeh padahal dapat berakibat fatal yakni kematian. Gaya hidup yang tidak sehat sangat mempengaruhi penyakit ini. Pola makan dan pola tidur yang tidak teratur secara langsung merupakan penyebab mahasiswa mengalami kondisi pengrusakan dinding lambung. Cairan asam lambung sebenarnya diperlukan oleh tubuh untuk mencerna makanan yang masuk dan membunuh bakteri patogen yang masuk.

Selain faktor makanan yang masuk, faktor stress juga dapat menyebabkan cairan asam lambung naik. Banyaknya tugas sehingga pola makan tidak teratur dan tingkat stress yang tinggi biasanya menjadi pemicu GERD terjadi pada mahasiswa. Selain itu, terdapat juga faktor-faktor lain dari gaya hidup tidak sehat yang dapat mengakibatkan GERD yakni kegemukan, kebiasaan minum minuman beralkohol, kebiasaan setelah makan, kebiasaan minum kopi, dan konsumsi obat-obatan tertentu seperti aspirin.

Langkah awal atasi GERD :

GERD dapat diatasi lebih awal untuk meminimalisir kekambuhan yakni secara mandiri yang dapat dilakukan melalui perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

1. Pertahankan berat badan ideal. Obesitas dapat mengakibatkan resiko terjadinya kekambuhan GERD karena tekanan yang ada dalam rongga perut yang dapat menyebabkan naiknya cairan asam lambung.

2. Hindari kebiasaan buruk setelah makan seperti langsung berbaring. Tunggu minimal 2 jam untuk dapat berbaring setelah makan.

3. Mulai dengan aturan makan baru. Porsi kecil tapi sering. Kebanyakan mahasiswa memiliki kebiasaan buruk, makan dengan porsi besar namun jarang karena biasanya sehari hanya dua atau satu kali makan atau bahkan tidak makan sama sekali.

4. Hindari makanan berlemak, asam, dan pedas. Para muda mudi pada saat ini merupakan muda mudi pencinta jajanan kekinian yang hampir semuanya adalah jajanan pedas. Kebiasaan mengonsumsi makanan pedas yang tidak dibarengi dengan aturan dapat memperburuk GERD ini.

5. Kurangi minum minuman beralkohol dan kurangi aktivitas merokok.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline