Lihat ke Halaman Asli

Posyandu Balita Pokbang Kenanga Desa Miritprtikusan

Diperbarui: 8 Agustus 2023   23:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Titania Sukma Putri. Dokpri

Posyandu merupakan pusat pelayanan kesehatan yang terdapat di lingkup desa. Posyandu balita dijadikan wadah pertemuan antara layanan profesional dari petugas kesehatan dengan masyarakat. Kegiatan yang dilakukan dalam posyandu remaja meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi atau panjang badan serta Pemberian Makanan Tambahan. Posyandu balita dilakukan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita di masa keemasannya yaitu 1000 hari pertama kehidupan. Permasalahan kesehatan seperti gagal tumbuh kembang anak balita atau stunting dapat diakibatkan karena pertumbuhan dan perkembangan balita tidak terpantau. 

Desa Miritpetikusan merupakan salah satu desa di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Desa ini memiliki 4 pokbang dalam menjalankan program posyandu. Pada tanggal 3 Juli 2023, pokbang kenanga Desa Miritpetikusan melaksanakan kegiatan posyandu balita. Kegiatan diawali dengan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pencatatan hasil pengukuran dalam KMS (Kartu Menuju Sehat). 

Partisipasi dari masyarakat khususnya ibu dan balita sangat baik dibuktikan dengan daftar hadir dari kegiatan posyandu tersebut. Persentase kehadiran dari kegiatan posyandu ini hampir 100%. Manfaat dari adanya program posyandu adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Kegiatan rutin posyandu balita dapat meningkatkan kualitas dari balita untuk menjadi generasi penerus bangsa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline