Lihat ke Halaman Asli

Tiska Dwi

Mahasiswa

Apa saja Perkembangan Kognitif yang Terjadi pada Masa Pertengahan dan Akhir Anak?

Diperbarui: 19 November 2022   23:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Masuknya anak-anak ke kelas satu menandai awal masa kanak-kanak menengah dan akhir. Bagi sebagian besar anak, ini merupakan perubahan besar dalam pola hidup mereka. Hal ini karena memasuki kelas satu merupakan peristiwa penting bagi anak yang dapat menimbulkan perubahan sikap, nilai, dan perilaku, serta merupakan masa kematangan seksual individu. 

Masuknya anak ke kelas satu sekolah dasar merupakan awal dari masa kanak-kanak menengah dan akhir. Bagi kebanyakan anak, ini adalah bagian penting dari pola hidup. Sebab, memasuki kelas satu merupakan peristiwa penting bagi seorang anak yang mengarah pada perubahan sikap, nilai, dan perilaku.

Tahukah pada umur berapak anak anda sudah mengalami pemahaman terhadap permasalahan secara mendalam? Apakah anak anda memasuki tahap operasional konkret? Apakah anak anda sudah lebih peka terhadap perasaannya sendiri dan perasaaan orang lain? Atau apakah anda tahu bahwa setiap anak memiliki perkembangan kognitif?

Apa itu kognitif?

Kognitif adalah pengetahuan luas tentang berpikir dan mengamati, dan kognitif adalah perilaku yang diperlukan untuk mengarahkan orang memperoleh pengetahuan atau menggunakan pengetahuan itu.

1. Perkembangan Kognitif menurut Piaget

Menurut Piaget, operasi adalah hubungan logis antara konsep atau skenario. Sedangkan operasi konkrit adalah kegiatan mental yang ditujukan pada objek dan peristiwa yang berwujud atau terukur konkrit. Anak akan mengalami tiga proses yang disebut operasi, yaitu: negasi. Pada masa praoperasional, anak hanya dapat melihat awal dan akhir dari deretan benda. 

Hubungan timbal balik. Ketika anak melihat bagaimana deretan benda ini berubah, anak mengetahui bahwa benda dari benda ini telah berubah, dan posisinya berbeda dari sebelumnya, tetapi anak mengetahui bahwa jumlah bendanya sama.

 Identitas, anak-anak pada masa operasi tertentu sudah dapat mengenali objek-objek pada baris tersebut satu per satu. Anak bisa menghitung, sehingga meskipun benda dipindahkan anak dapat mengetahui bahwa jumlahnya akan tetap sama.

2. Perkembangan Memori

    Pada usia 7 tahun, anak memasuki tahap operasional konkret. Dinamakan demikian karena pada masa ini anak dapat menggunakan operasi mental untuk memecahkan masalah tertentu (actual). Anak-anak dapat berpikir lebih logis dari sebelumnya karena mereka sekarang dapat mempertimbangkan semua aspek dari suatu situasi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline