Lihat ke Halaman Asli

Tiopan Sipahutar

Doktor Kesehatan Masyarakat

Selamat HUT TNI dari Rakyat untuk Rakyat

Diperbarui: 5 Oktober 2018   10:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

koleksi pribadi

Jenderal Sudirman pernah menyatakan "tentara bukan merupakan suatu golongan di luar masyarakat, bukan suatu kasta yang berdiri di atas masyarakat. Tentara tidak lain dan tidak lebih dari salah satu bagian masyarakat yang mempunyai kewajiban tertentu". Pernyataan ini menjadi semakin nyata dan akan terus dibuktikan manakala kita melihat kontribusi TNI terhadap masyarakat Indonesia dari dulu hingga sekarang. 

Meskipun seragam dengan warna yang tegas atau wajah serius dari tentara kita seringkali membuat masyarakat sedikit gentar untuk dekat; namun ternyata itu hanya sekedar identitas sebagai pengemban "kewajiban tertentu" di dalam masyarakat. TNI memang tidak dapat dipisahkan dari rakyat karena TNI berasal dari rakyat itu sendiri. TNI tidak akan pernah kuat jika rakyat tidak mendukungnya.

Salah satu tugas pokok TNI seperti yang tercantum di dalam website resmi TNI adalah operasi militer selain perang yang mencakup antara lain operasi mengatasi gerakan separatis bersenjata, mengatasi pemberontakan bersenjata, mengatasi aksi terorisme, mengamankan wilayah perbatasan, membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan, membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue) dan banyak tugas lainnya.

Tugas-tugas yang dijabarkan di atas telah dirasakan oleh rakyat Indonesia hingga kini. Peran inilah yang menguatkan bangsa kita di setiap wilayah perbatasan atau wilayah-wilayah yang rentan dengan konflik dan separatisme. Sebut saja di beberapa wilayah di Papua dimana gerakan-gerakan separatisme kerap kali bergejolak dan menganggu stabilitas kehidupan masyarakat disana. 

TNI menjadi pihak terdepan yang melindungi masyarakat dari gangguan dan kepentingan yang lebih besar yaitu menjaga keutuhan wilayah NKRI. Dapatlah kita buat kesimpulan bahwa sampai saat ini negara kita masih utuh, salah satunya karena peran TNI yang kuat dan konsisten dalam menjaganya dari Sabang sampai Merauke.

Dalam menangani bencana, TNI juga terdepan. Di kala rakyat biasa tidak sanggup dengan cepat masuk ke wilayah-wilayah bencana, TNI selalu menemukan caranya. Mereka sudah terlatih untuk sanggup bertahan hidup dalam segala kondisi. 

Wabah yang terjadi di Kabupaten Asmat beberapa bulan yang lalu, menunjukkan kepada kita bahwa TNI menjadi penolong bagi rakyat meski di daerah terpencil sekalipun dimana orang tidak memiliki nafsu sama sekali untuk melirik. Kita saksikan bahwa TNI membentuk satgas kesehatan untuk membantu Papua memberikan pelayanan dan pengobatan kepada warga di Kabupaten Asmat. Gerak cepat ini sangat membantu pemulihan warga di Kabupaten Asmat.

Selain di Kabupaten Asmat, bencana di Lombok pun mendapat jamahan kasih dari TNI. Dengan tidak menunggu lama pasca gempa di Lombok, Panglima TNI segera mengirimkan KRI dr Soeharso-990 dan batalyon kesehatan dari Batalyon Kesehatan 1/Kostrad dan Batalyon Kesehatan 2/Marinir. 

Mental terlatih yang harus selalu siap dan siaga di setiap kondisi membuat TNI selalu bergerak "cito" sehingga rakyat jarang sekali tidak merasakan sentuhan TNI manakala terjadi bencana di wilayah mereka. Baru-baru ini, kita pun menyaksikan bagaimana TNI bergerak cepat untuk membantu penanganan bencana di Palu dan Donggala. 

Bantuan yang sama juga akan diberikan kepada saudara-saudara yang berada di Palu dan Donggala. Jika mungkin ada pihak-pihak lain yang mencoba memanfaatkan situasi demikian untuk kepentingan politik, namun tidak bagi TNI. TNI murni melakukan tugasnya sebagai pertanggungjawabannya sebagai bagian dari rakyat.

TNI sangat berperan di banyak lini dalam kehidupan bangsa Indonesia. Tidak hanya dalam hal penanganan bencana dan permasalahan kesehatan, TNI juga terlibat dalam pembangunan di desa-desa terpencil. Jalan-jalan yang ada di banyak atau mungkin hampir seluruh wilayah terpencil di Indonesia tidak terlepas dari sentuhan TNI. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline