Lihat ke Halaman Asli

Sintianisa

Mahasiswa

Review Artikel: Antara Netralitas dan Keberpihakan: Palang Merah di Jawa pada Masa Perang (1945-1949)

Diperbarui: 23 Desember 2023   06:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Identitas Artikel

Judul            : Antara Netralitas dan Keberpihakan Palang Merah di Jawa pada Masa Perang (1945-1949)

Penulis       : Rizky Eka Saputra

Volume      : 18 nomor 1

Tahun        : 2022

Artikel ini membahas mengenai kiprah Palang Merah  selama periode perang di Jawa tahun 1945-1949. Sebagai salah satu lembaga yang paling dibutuhkan selama periode perang berada posisi yang dilematik. Karena di satu sisi mereka harus tunduk pada pemerintahan yang menaunginya di satu sisi mereka harus taat pada prinsip dasar gerakan Palang Merah Internasional. 

Artikel ini menyelidi peristiwa sejarah yang menyoroti bagaimana Palang Merah berusaha mempertahankan netralitasnya sambil tetap memberikan bantuan kemanusiaan kepada pihak yang membutuhkkan. Penggambaran dinamika ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap tantangan moral dan operasional yang dihadapi Palang Merah di tengah perang.

Selain itu, artikel ini mungkin mempertimbangan dampak keputusan Palang Merah terhadap persepsi masyarakat dan hubungan dengan pihak-pihak yang terlibat dalam konflik. Menilai apakah netralitas tersebut dianggap sebagai sikap etis ataukah sebagai ketidakpedulian akan memberikan dimensi analisis yang lebih kaya terhadap dinamika kemanusiaan pada masa tersebut.

Dengan menyelidiki konteks sejarah dan mengevaluasi peran Palang Merah, artikel ini dapat memberikan kontrisbusi yang berharga terhadap pemahaman kita tentang interaksi antara organisasi kemanusiaan, konflik, dan tuntutan netralitas dalam konteks perang di Jawa pada periode tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline