Lihat ke Halaman Asli

Tinta Digital

Akun ini saat ini bersifat pribadi dan dimiliki oleh satu orang

Hachi Cosplay Team, Perjuangan Tanpa Henti

Diperbarui: 6 Januari 2019   13:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hachi Cosplay Team (Dokprib)

Hachi, Harajuku Community  sebagian dari kalian mungkin sudah ada yang pernah dengar dan tau dengan komunitas jejepangan yang satu ini. Hachi merupan komunitas jejepangan yang berpusat dibanjarmasin dan mulai berdiri sejak tahun 2010 silam. 

Awalnya Hachi bernama Harajuku Banjarmasin Community (HBC) dan awalnya hanya halaman grup di facebook, kegiatan yang dilakukan pun hanya terbatas pada media sosial saja, namun pada akhirnya mulai dikembangkan para penggiat Hachi dengan ikut berpartisipasi dalam event2 jejepangan yang juga semakin sering diadakan sekarang ini.

Hachi Cosplay Team (Dokprib)

Visi Misi Hachi dulu awalnya ingin memperkenalkan budaya jepang kepada masyarakat, khususnya dibanjarmasin, tidak hanya melalui cosplay saja, namun juga melalui band, fashion, dance serta hal yang berkaitan dengan jejepangan lainya, dan sekarang karena perkembangan zaman, sudah banyak masyarakat yang mengenal budaya jepang, dan makin seringnya event-event jejepangan yang diselenggarakan, Hachi dapat menjadi wadah bagi mereka yang tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan jepang itu untuk dapat belajar dan mengembangkan bakat mereka baik itu dibidang cosplay, band, dance, dan fashion pembuatan kostum.

Perjalanan Harajuku Banjarmasin Community (HBC), sampai menjadi Hachi sekarang ini, adalah sebuah perjalanan yang tidak bisa dibilang singkat, dan juga tidak selalu berjalan lancar, pastilah ada kendala, masa-masa sulit, hingga sempat tumbang dan hampir memecahkan komunitas ini, namun dengan keyakinan dan usaha yang keras dari anggota komunitas, akhirnya Hachi dapat kembali bangkit dan bisa berkembang pesat hingga sekarang.

Wawancara yang dilakukan penulis beberapa waktu lalu dengan salah seorang pembina Hachi yaitu Ka Uta, selama berdiri Hachi pernah melewati masa sulit, dicerca, dikata ini itu, "tapi Hachi menjawabnya dengan Prestasi aja" kata Ka Uta, nah diantara prestasi yang berhasil diraih oleh Hachi, khususnya diranah lokal, seperti Juara 1 Best Original Cosplayer, Juara Best Stories Cosplayer, Juara Favorite Cosplayer, Juara Harajuku Fashion Contest, selain itu juga ada juara di bidang lain seperti Juara 1 Band, Juara Favorite Band, dan Juara Parade Band. 

Hachi juga pernah diundang untuk wawancara dimedia,yaitu Banjar TV, serta juga pernah diliput secara eksklusif saat sedang tampil, dan yang terbaru, Hachi Cosplay Team diundang menjadi Guest Star dalam acara JK FEST 2019 "A Day To Remember"  yang diadakan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2015, sabtu, 5 januari 2018 lalu. (Ahmad Syarif Amrullah - D1C115001)

Hachi Cosplay Team (Dokprib)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline