Lihat ke Halaman Asli

Tinkerlust

Indonesia's Stylish Curated Marketplace

Tips Mudah Cara Bersihkan Sepatu Putih

Diperbarui: 9 April 2019   16:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image source: weheartit 

Sepatu warna putih memang sudah menjadi fashion item yang wajib banget dimiliki oleh penggemar fashion. Sifatnya yang versatile dan mudah dikombinasikan dengan berbagai macam outfit, membuat sepatu putih laku keras di pasaran bagaimanapun bentuknya. Walaupun begitu, sepatu putih masih menjadi ketakutan beberapa orang, nih. Terkadang sepatu putih memang cepat banget kotornya dan sangat tricky untuk dibersihkan. Tapi, tenang! Tinkerlust akan kasih tips ke kalian gimana caranya mencuci bersih sepatu putihmu tanpa mahal dan terasa baru lagi!

Semprotkan Shoe Spray

Tahu kata-kata 'mencegah lebih baik daripada mengobati', kan? Shoe spray ini tugasnya menjaga sepatu kalian tidak mudah kotor. Belilah semprotan sepaty yang transparan, anti-air, dan anti-noda agar tidak mengubah warna asli sepatu putihmu. Namun, perlu diingat juga, shoe spray tidak semua memiliki jenis yang sama. Setiap sepatu memiliki tipe shoe spray yang berbeda pula. Penyemprotannya sendiri bisa dilakukan berulang kali dalam beberapa minggu sekali. Oh iya, jangan lupa memastikan sepatu kalian dalam keadaan bersih sebelum disemprot shoe spray, ya! 

Sepatu Kulit

Sepatu kulit berwarna putih juga sangat tricky untuk dirawat. Tapi, siapa sangka bahwa rahasia membersihkan sepatumu ada di dalam kamar mandi? Iya, pasta gigi dan sikat gigi! Oleskan pasta gigi ke sepatumu dan gosok sampai bersih. Setelah itu, diamkan selama 10 menit dan bersihkan dengan kain lap. Kalian bisa ulang tahap ini sampai noda di sepatu kalian benar-benar hilang. Selain menggunakan pasta dan sikat gigi, kalian bisa menggunakan Vaseline Petroleum Jelly. Diamkan petroleum jelly selama beberapa jam dan lap dengan kain. Taraa, seketika sepatumu akan terlihat seperti baru!

Sepatu Kanvas

Kalau kalian memiliki sepatu kanvas, pasti bete deh karena cepat banget kotor. Sepatu kanvas juga terkesan sulit untuk dibersihkan. No need to worry! Kalian hanya perlu merendam sepatu kanvas kalian ke air hangat yang dicampur dengan detergen. Sebelum direndam, pastikan kalian telah memisahkan tali sepatunya untuk dicuci terpisah. Setelah direndam beberapa saat, kalian hanya perlu menggosok sepatu kalian dengan serabut yang biasa kalian pakai untuk cuci piring atau sikat cuci baju yang sudah direndam air sabun. Kalau sudah, kalian bisa langsung jemur dan tunggu kering, deh!

Tali Sepatu

Setiap kalian membersihkan atau mencuci sepatu putih kalian, selalu pastikan kalian memisahkan tali sepatu kalian. Tali sepatu bisa kalian cuci di mesin cuci atau digosok dengan sikat cuci baju yang sudah diberi sabun. Namun, sebelum kalian memasukkan ke mesin cuci, jangan lupa untuk memasukkan tali sepatu ke laundry bag yang kecil agar tidak kusut saat dicuci. Karena tali sepatu itu sangat ringan, hindari step dryer karena akan membuat tali sepatu kalian mengerut.

**Extra Tips:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline