Lihat ke Halaman Asli

Lembah Hijau Babakan

Diperbarui: 18 November 2017   00:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source: palapanews.com

Tangsel, salah satu kota kecil di Provinsi Banten yang lekat dengan kesan modern, pusat perbelanjaan megah, dan kesan metropolitan lainnya. Wajar karena kota ini memiliki beberapa pasar swalayan besar dan pasar tradisional hampir di setiap kecamatannya.

Namun bukan berarti di sini tidak ada wilayah hijaunya. Bagi masyarakat Tangsel yang mungkin sudah bosan dengan suasana kota dan segala "kekacauannya", ada baiknya mengajak anak dan kerabat anda liburan ke Lembah Hijau Babakan, Kampung Agrowisata yang berlokasi di Rt.01/01, Kampung Curug, Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu.

Cara menuju lokasi ini cukup mudah, ambil patokan kampus Institut Teknologi Indonesia (ITI), ambil kiri di perempatan Muncul, lalu masuk ke perumahan Puspiptek, dari pintu masuk Puspiptek arahkan kendaraan anda ke pintu belakang perumahan menuju kampung Sarimulya, dari situ anda lurus saja sekitar satu kilometer.

Kawasan ini menyuguhkan suasana yang berbeda dari stigma masyarakat tentang Tangsel. Zarkasih Tanjung, selaku pengelola mengaku ada beragam permainan berbau alam yang ditawarkan bagi pengunjung. Mulai dari memperkenalkan proses bercocok tanam, tangkap ikan, memberi makan ternak seperti bebek, ayam dan kambing.

Tak hanya itu, buah hati anda juga akan dikenalkan beragam permainan lokal tempo dulu. Antara lain bermain egrang, mewarnai layang-layang, membuat wayang dari batang daun singkong dan beragam lainnya. Bagi anak yang memiliki nyali berlebih, flying fox mungkin bisa dicoba.

Lembah Hijau Babakan mengedepankan permainan yang berbau alam, agar anak-anak mengenal dunia pertanian dengan cara yanhg disukainya, karena kita semua tahu kalau pertanian di Tangsel sudah semakin tergerus oleh kejamnya kemegahan kota. Dan di sini lah tempat yang tepat untuk mengenali alam kepada mereka.

Di tempat ini juga sering diadakan kegiatan campingyang diselenggarakan oleh anak-anak Pramuka dan latihan dari berbagai wilayah yang ada di Tangsel maupun dari luar Tangsel.

Mengenai tarif, Anda cukup mengeluarkan Rp.65 ribu per orang untuk dapat mengikuti rangkaian kegiatan selama satu hari penuh, sudah termasuk makan, snack, ikan hasil memancing, mewarnai caping, dan flying fox.

Yuk langsung ajak buah hati anda menikmati dan merasakan indahnya alam di Kampung Agrowisata Lembah Hijau Babakan sembari belajar tentang pertanian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline