Lihat ke Halaman Asli

Prinsip Ekonomi Aktivitas Perdagangan yang Saling Menguntungkan

Diperbarui: 18 September 2024   20:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Warung pelataran kampus IAIN Kendari /dok. pri

Setiap aktivitas perdagangan, baik perdagangan antarnegara maupun perdagangan antar individu, akan menghasilkan barang dan jasa. Melalui perdagangan, setiap pihak akan memproduksi barang dan jasa yang paling dikuasai, inilah yang disebut dengan spesialisasi. Hasilnya, masyarakat akan mendapatkan barang atau jasa yang berkualitas.

Perdagangan adalah kegiatan tukar menukar barang dan jasa yang dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama,bukan paksaan. Perdagangan merupakan kegiatan ekonomi yang menghubungkan produsen dan konsumen.

Kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.kerja sama memiliki beberapa ciri,yaitu:Adanya orang yang melakukan kerjasama,adanya interaksi,adanya tujuan yang sama. 

Contohnya kerja sama antara pedagang dan distributor.

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif,kerja sama distribusi menjadi salah satu pilihan produsen untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan. Kerja sama distribusi adalah bentuk kolaborasi antara dua atau lebih pihak yang bekerja sama untuk mengatur,mengelola,dan mengoptimalkan aliran produk atau layanan dari produsen kepada distributor untuk dapat dijual ke konsumen.

Kerja sama antara pedagang dan distributor dapat memberikan banyak keuntungan, seperti :

Harga murah: Pedagang bisa mendapatkan barang dengan harga murah, sehingga mereka bisa menjualnya dengan harga sedikit di bawah harga pasar.

Ketersediaan barang: pedagang bisa mendapatkan pasokan barang secara terus menerus.

Omzet meningkat: Dengan menjual barang dengan harga sedikit di bawah harga pasar,omzet toko bisa meningkat tajam.

Distributor berperan sebagai perantara antara produsen dan pedagang grosir. Distributor memiliki beberapa peran,di antaranya:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline