Lihat ke Halaman Asli

Bahan Kaos Cotton

Diperbarui: 27 Agustus 2024   14:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Bahan Kaos Cotton

Bahan cotton adalah kain yang berasal dari serat kapas, yang merupakan serat alam yang berasal dari tumbuhan. Bahan cotton juga salah satu bahan baku tekstil yang paling banyak diproduksi oleh masyarakat, di bandingkan serat sintetis lainnya.

Kain katun terbuat dari serat biji kapas yang diiolah melalui proses panjang untuk menghasilkan benang-benang katun. Nantinya, benang-benang yang ada dapat digunakan untuk membuat berbagai macam produk tekstil, termasuk pakaian.

Warna asli dari kain katun adalah putih kekuning-kuningan. Namun, kamu dapat menemukan produk tekstil berbahan kain katun dalam banyak warna, karena kain katun mampu menyerap warna dengan baik.

Bahan cotton memiliki beberapa sifat, seperti:

  • Mudah menyerap keringat
  • Serat kain yang lebih sejuk daripada kain lainnya
  • Tidak akan membuat Anda merasa gerah meskipun digunakan di daerah yang cukup panas

Jenis Bahan Kaos Cotton

Ada beberapa jenis bahan kaos cotton, seperti:

Cotton Bamboo

Cotton bamboo merupakan bahan campuran antara serat katun dan serat bambu yang menghasilkan kaos yang nyaman di pakai. Bahan Cotton bamboo memiliki sifat yang menonjolkan pada kelembutan, kehalusan, serta kekuatan dan daya tahannya.

Kaos dari bahan ini biasanya akan terasa lembut dan nyaman di kulit dan memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik. Selain itu, bahan ini juga bersifat hipoalergenik, sehingga cocok bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

Cotton bamboo juga dianggap sebagai bahan ramah lingkungan karena bambu merupakan tanaman yang tumbuh cepat dibandingkan dengan beberapa bahan lain.

Viscose Cotton

Viscose cotton merupakan bahan campuran antara viscose dan katun, dimana bahan ini menawarkan keunggulan yang unik dalam pembuatan kaos. Campuran ini menggabungkan sifat-sifat baik dari kedua serat tersebut yaitu akan menghasilkan kaos yang nyaman dan ringan.

Viscose cotton memiliki kelembutan dari serat viscose yang mirip dengan sutra, sementara tetap akan mempertahankan daya serap yang baik seperti katun. Kaos dari bahan ini umumnya cocok untuk cuaca yang hangat karena sifatnya yang mudah menyerap keringat dan memberikan rasa dingin pada kulit.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline