Lihat ke Halaman Asli

TINA WANTISEMBIRING

Universitas Teuku Umar

TIM PKM-K Universitas Teuku Umar Ubah Eco-enzyme Kulit Nanas dan Ekstrak Bunga Telang Menjadi Sabun Organik Anti Radiasi UV

Diperbarui: 14 Juli 2024   23:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. TIM PKM-K "Guardian of Radiance"

TIM PKM K UTU  Ubah eco-enzyme limbah kulit nanas dan ekstrak bunga telang jadi sabun organik anti radiasi UV

Meulaboh -- UTU Mahasiswa PKM-K Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar mengadakan promosi produk PKM-K berupa sabun perawatan kulit dengan keajaiban eco-enzyme kulit nanas dan keindahan ekstrak Bunga Telang.

Memasuki era saat ini, masyarakat semakin sadar akan lingkungan atau disebut dengn tren "Back to Nature"Kebutuhan akan produk ramah lingkungan semakin meningkat. Salah satu sektor yang terus berinovasi untuk memenuhi tuntutan ini adalah industri perawatan kulit/industri kecantikan. Dari hal tersebut membuat TIM Program Kreativitas  Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) Universitas Teuku Umar (UTU) menciptakan produk dari eco-enzyme limbah  kulit nanas  dan ekstrak Bunga Telang menjadi produk sabun perawatan kulit yang bermanfaat bagi banyak orang.

Produk inovasi tersebut adalah Handmade Organic Soap "Guardian of Radiance" sabun perawatan kulit dengan keajaiban eco-enzyme kulit nanas dan ekstrak bunga telang.

Sabun organik "Guardian of Radiance"/dokpri

Guardian of Radiance terbentuk untuk memberikan perawatan kulit dan melindungi kulit dari radiasi sinar UV, melindungi skin barrier, aman dan ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan limbah kulit nanas mengandung vitamin C, karoteknoid, dan flavonoid. Selain itu kulit buah nanas mengandug tanin, saponin, steroid, fenol, karbohidrat, terpenoid, alkloid, antrakuinon, dan asam nanas. 

Cairan eco-enzyme kulit nanas mengandung metabolit sekunder (amilase, tripsin, dan alipae) yang dihasilkan oleh mikroorganisme selama masa ferementasi. Oleh karena itu eco-enzyme dapat digunakan untuk berbagai keperluan salah satnya pada perawatan wajah dan tubuh.

Keunggulan dari sabun guardian of radiance adalah harga yang terjangkau murah jika dibandingkan dengan harga kompetitor lainnya yaitu Rp.31.000,00 dengan berat 75 gram. Selain itu,sabun ini dapat digunakan oleh lak-laki maupun perempuan mulai usia 9 tahun ke atas, sulfate free, paraben free, dan 100% natural.

TIM PKM-K ini diketuai oleh Tina Wanti Sembiring, dengan anggota 1 Azhara Affiqoh, anggota 2 Novita Sari yang dibimbing oleh ibu Eva Flourentina Kusumawardani,S.K.M.,M.Epid sebagai dosen pendamping berhasil meraih pendanaan sebesar Rp.8.000.000,00 dari Dirjen Belmawa Kemendikbudristek  dan dari peguruan tinggi sebesar Rp.1.500.000,00.

Harapan dari tim pelaksana adalah dapat memberikan inovasi terbaru produk kosmetik perawatan kulit berupa sabun mandi berbentuk batang dengan segala keunggulan yang ramah lingkungan.

Tim pelaksana juga tidak hanya  berharap meraih kesuksesan hingga tahap pendanaan saja namun juga dapat menuju Penganugerahan Kreativitas Mahasiswa (PKM AWARD) untuk meraih kejuaraan serta dapat menjadi brand yang dikenal oleh masyarakat luas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline