Lihat ke Halaman Asli

TINA WANTISEMBIRING

Universitas Teuku Umar

Kebhinekaan 10

Diperbarui: 18 November 2022   10:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Kebhinekaan 10

Bedah Film Dua Detik

Dua Detik" adalah salah satu film pendek yang dipersembahkan oleh Being Human. Film ini disutradarai oleh Agung Maulana ini dirilis pada 8 Juni 2020 dan sejauh ini telah ditonton sebanyak 244.570 kali.

Film pendek "Dua Detik" berdurasi 13 menit 53 detik menceritakan tentang cyberbullying yang dialami oleh seorang wanita berprofesi sebagai model bernama Dinda. Berkaitan dengan fashion dan fotografi, Dinda juga aktif membagikan foto-foto terbarunya di media sosialnya. Pertama, foto yang dibagikan Dinda mendapat respon positif dari followers di media sosial, yang membuat Dinda senang. Namun, seiring berjalannya waktu, komentar negatif dari pengikutnya tak terelakkan. Mereka mengomentari berbagai hal, baik itu tubuh, wajah, atau perilaku Dinda.

Awalnya Dinda mencoba mengabaikan komentar tersebut. Namun ucapan-ucapan keji tersebut semakin hari semakin menjadi-jadi, membuat Dinda merenungkan kata-kata yang dikirimkan kepadanya. Akibatnya konsentrasi Dinda terganggu dan mentalnya jatuh bahkan Dinda berpikir untuk mencelakai dirinya sendiri.

Saat Dinda sudah tidak kuat dengan semuanya Dinda memutuskan untuk Kembali ke rumahnya dan bertemu ayahnya berharap dapat menennagkan emosiaonalnya saat itu. Akan tetapi tetap saja Dinda mendengarkan komentar dari para netizen yang tidak memiliki adab tersebut. Sehingga Dinda tetap merasakan tekanan yang terus menerus.

Ada banyak pelajaran yang bis akita ambil dari film ini salah saunya kita tidak perlu mendengarkan semua omongan dari para netizen, karena kita memang tidak bisa membuat semua orang suka dengan kita. Jadilah diri sendiri. Dan untuk para netizen, jari sekarang pengganti dari mulut sehingga layaknya harimaumu. Jagalah ketikan dengan etika kata yang baik, jangan terlalu mengurusi hidup oaring lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline